Pembekalan DPL PKPM Mandiri Darmajaya Utamakan Pemulihan UMKM

oleh -711 views

*Rilis Humas Darmajaya

BANDARLAMPUNG — Kegiatan Utama Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) Mandiri 2020/2021 Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya adalah membantu dalam pemulihan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di lingkungan tempat tinggal mahasiswa.
Hal itu dikatakan Ketua Pelaksana PKPM dan Kerja Praktik (KP) Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc, dalam pembekalan dosen pembimbing lapangan (DPL) PKPM dan KP secara daring, Rabu (4/8/2021). Toni menjelaskan tema PKPM dan KP tahun ini adalah “Pemulihan Ekonomi Lampung Melalui Optimalisasi Solusi Digital Cerdas Darmajaya”.

“Sedangkan kegiatan penunjang bagi mahasiswa dalam program ini yaitu edukasi, sosialisasi mitigasi Covid-19, survival warga terdampak, dan pembuatan sistem informasi, pendampingan belajar online siswa. “Serta, pemberdayaan pemuda dan kelompok perempuan yang ada di lingkungan tempat tinggal mahasiswa,” kata Toni.
Tahun ini, lanjut Kaprodi Akuntansi itu, PKPM diikuti 543 mahasiswa dan KP sebanyak 89 orang dari 5 program studi. Sementara, DPL PKPM sebanyak 106 orang dan DPL KP 62 dosen. Sedangkan tujuan PKPM Mandiri ini adalah mewujudkan tri darma perguruan tinggi pada bidang pengabdian masyarakat. Selain itu, penerapan bidang ilmu mahasiswa di masyarakat.

“Kemudian, memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat dan membantu penyelesaian persoalan di masyarakat, terutama di lingkungan tempat tinggal mahasiswa akibat pandemi Covid,” kata dia.
Toni juga menjelaskan beberapa strategi pelaksanaan PKPM Mandiri ini diantaranya, dilakukan secara individu di lingkungan masing-masing dengan membuat program kerja strategis yang dibuat dalam program kerja harian, serta terintegrasi dengan tema dan program mendukung pemerintah. Tentunya, kata dia, dengan pemanfaatan teknologi dan mematuhi protokol kesehatan.
“Mahasiswa wajib mendokumentasikan semua kegiatan, baik dalam bentuk foto maupun video. Yang terpenting semua kegiatan PKPM wajib diunggah di sosial media mahasiswa masing-masing serta diberi caption ajakan untuk peduli terhadap bahaya Covid dan atau ajakan tetap produktif di masa pandemi,” kata dia.

Pembekalan DPL PKPM Mandiri dibuka Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya H. R.Z. Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., dengan moderator Muhammad Saputra.,S.E., M.M.,. Pada kesempatan itu, Abdul Aziz mengatakan sekalipun PKPM dilakukan secara daring, tapi proses pelaksanaannya tetap harus berkualitas dan dilakukan secara baik. “Sehingga, mahasiswa yang mengikuti PKPM Mandiri ini tetap memiliki kompetensi yang baik dan memberikan nuansa baru dalam membantu masyarakat yang terdampak Covid,” kata Abdul Aziz.
Dia juga menjelaskan dengan PKM Mandiri ini, tetap ada komunikasi dan diskusi yang baik antara mahasiswa dan DPL. “DPL juga diharapkan dapat memberikan bantuan kepada mahasiswa dalam mengubah pola pikir masyarakat untuk siap menghadapi perubahan. “Bimbinglah mahasiswa agar dapat lebih optimal dalam kegiatan PKPM Mandiri ini,” kata doktor lulusan Jepang itu.
Sedangkan Kepala Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pembelajaran dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) IIB Darmajaya Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Sc, berharap pelaksanaan PKPM dan KP kali ini dapat memberikan bantuan kepada masyarakat dari sisi akademik baik yang dilakukan mahasiswa dan DPL. “Terutama dalam membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi agar masyarakat lebih sejahtera dan berjaya,” kata dia. (**)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *