Arinal Apresiasi Kerjasama GGP – Meratus Ditengah Pandemi

LAMPUNG — Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, memberikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama antara PT. GGP – Meratus Line, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini.

Terlebih, kerjasama yang dilakukan berkaitan dengan aktivitas ekspor produk olahan pertanian yang memang menjadi unggulan serta sektor prioritas ekonomi Lampung.

Arinal memaparkan, secara geografis, Lampung memiliki letak yang strategis sebagai ”Pintu Gerbang” yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Sumatera dan sekaligus sebagai penyangga utama ibukota negara RI, DKI Jakarta, khususnya sebagai pensuplai bahan kebutuhan pokok serta hasil pertanian dalam arti luas.

“Lampung memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi regional Sumatera. Saat ini, perekonomian Lampung memberikan kontribusi sebesar 10,45 persen terhadap PDRB Pulau Sumatera. Share PDRB Lampung menempati peringkat ke empat terbesar se-Sumatera setelah Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Selatan,” papar Arinal.

Perekonomian Lampung, lanjut Arinal, didominasi oleh 3 Sektor utama yaitu Pertanian, Kehutanan dan Perikanan (29,9%), Industri Pengolahan (19,41%), Perdagangan dan Reparasi kendaraan (11,14%).

“Sektor industri pengolahan sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 merupakan sektor kedua terbesar penyumbang PDRB Provinsi Lampung. Kontribusi sektor industri pegolahan pada tahun 2020 sebesar 19.41% dari total PDRB Lampung,” jelasnya. (*)

 429 total views,  1 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.