Pemkab Way Kanan Keluarkan 408 Juta Perbulan Untuk Sewa 59 Unit Randis

oleh

*Laporan : Berkhin S. – Inspiratif.co.id

WAY KANAN – Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas bagi pejabat atau aparatur dan efisiensi anggaran Pemerintah Daerah, Pemerintah Kabupaten Way Kanan menerapkan kendaraan operasional sewa guna mengurangi beban pemeliharaan pajak dan perbaikan.

Hal tersebut tertuang di peraturan Bupati Way Kanan, Nomor 76 Tahun 2017 tentang kendaraan dinas operasional sewa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Selasa 31-Agustus-2021.

Kepala Bagian Umum Sekretariat Pemerintahan Kabupaten Way Kanan, Velly mengatakan, untuk kendaraan dinas yang baru ini, lanjutan yang sebelum nya, yang mana kontrak kita kan berjalan tiga tahun selesai. Kemudian ada peremajaan dari pihak vendor nya, dari pihak vendor ini usulan nya tetap seperti tiga tahun yang lalu. “Yang mana peruntukan nya untuk Kepal Dinas, Badan Kantor, Kepala Bagian, dan Camat serta Direktur Rumah Sakit,” ungkapnya.

Total keseluruhan kendaran yang disewa berjumlah 59 unit diantara nya 31 unit Inova Disel, dan 28 unit Toyota Rush, lanjut Velly. “Untuk harga sewa Inova Disel sendiri perunit nya kebetulan ada penurunan harga disebabkan PPKM Rp. 8.200.000 dan Toyota Rush nya sendiri Rp. 5.500.000 per bulan dalam satu unit nya.

Sedangkan perawatan kendaraan nya sendiri ditanggung full oleh penyedia yang mana sebulan dua kali perawatan. Bisa dilakukan disini bisa juga di Tanjungkarang. “Untuk sistem sewa kendaraan ini sendiri kita menunjuk E katalog bukan tender, jadi yang mana kita tunjuk vendor itu telah terdaftar di LKPP,” terangnya.

Velly menambahkan, sebetulnya untuk perawatan kendaran, pajak dan asuransi semua sudah include harga nya disitu. Perbandingan sewa kendara dengan beli kendaraan pelat merah lebih untung sewa dari pada beli. Alasan nya yang pertama dari segi perawatan nya lebih untung mobil sewa karena mobil sewa ini kan paling tua tiga tahu, tentunya akan beda dengan mobil yang lima tahu dengan perawatan yang sama, kedua dari segi efisiensi nya dengan sewa ini berbanding jauh dengan nilai Rp. 408.200.000 sudah bisa 59 pejabat mengunakan mobil, kalau kita beli mobil baru cuma dapet lima atau enam unit.

“Artinya lebih untung dari sewa dari pada harus beli baru, dan bukan kita saja yang kendaran dinas dengan cara sewa kabupaten lain dan kementerian sudah terlebih dulu. Untuk kendaraan yang lama sudah mulai dikembalikan sekitar empat hari pengembalian kendaraan yang lama selesai,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *