Mahasiswa Darmajaya Ciptakan Monitoring dan Pengendalian Fasilitas Rumah Hunian Berbasis IoT

oleh -384 views

*Rilis Humas Darmajaya

BANDARLAMPUNG – Mahasiswa Prodi Sistem Komputer IIB Darmajaya menciptakan Monitoring dan Pengendalian Fasilitas Rumah Hunian Berbasis IoT dalam ujian akhir skripsi pada, Senin 13-September-2021.
Galang Triananda membuat prototype Monitoring dan Pengendalian Fasilitas Rumah Hunian Berbasis IoT melalui smartphone. Galang–biasa dia disapa- menggarap skripsi yang dikerjakannya selama 5 bulan dengan bimbingan Nurfiana, S. Kom., M. Kom.
“Dalam dunia teknologi makin hari kita harus paham. Alat ini membuat semua orang bisa mempelajari teknologi, jadi gunanya smartphone bukan hanya untuk chat maupun telepon, tetapi bisa menjadi monitoring dan pengendali alat perabotan atau fasilitas dalam rumah,” ungkapnya.
Menurut dia, melalui smartphone dapat mengontrol kelembapan suhu, mendeteksi kebocoran gas di rumah hingga membuka pintu garasi. Dia menjelaskan sensor dht11 dapat digunakan untuk melakukan pengukuran kelembapan suhu.

“Kemudian, sensor gas untuk mendeteksi kebocoran gas baik pada rumah hunian maupun industri dan sensor magnet mendeteksi saat pintu terbuka terdapat notifikasi yang muncul pada aplikasi blynk, serta motor servo atau pengatur pembuka garasi tanpa ada bantuan sensor,” bebernya.
Galang melanjutkan dalam menggerakkan kipas angin dan pintu dengan drift motor DC. Sementara, buzzer sendiri digunakan untuk alarm rumah. “Dengan penelitian ini kegiatan rumah menjadi praktis dapat dikendalikan menggunakan smartphone mulai dari keamanan rumah makin terjaga, ramah lingkungan, dan hemat energi,” tuturnya.
Sementara, Ketua Prodi Sistem Komputer IIB Darmajaya, Nurfiana, S. Kom., M. Kom., mengatakan selain keamanan, kenyamanan menjadi salah satu faktor terpenting penerapan smarthome.
Rumah yang aman dari bahaya pencurian maupun kebakaran serta kemudahan mengendalikan dan memonitoring kondisi rumah beserta peralatan rumah tangga yang ada menjadi idaman penghuni. “Penelitian Galang diharapkan mampu menjadi solusi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan rumah,” tutupnya. (**)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *