Psikologi UNM Adakan Pengabdian Mindfulness

*Rilis

MAKASSAR – Sabtu, 28-Agustus-2021 lalu, pukul 09.00-13.00 WITA. Tim Dosen Fakultas Psikologi UNM melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), yang berlangsung di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Bacaan Lainnya

Pengabdian ini menyasar para penyintas bencana gempa di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Salah satu bentuk PKM yang dilakukan adalah PKM Pelatihan Mindfulness Pada Masyarakat Korban Pasca Gempa Majene Sulbar, yang diketuai oleh Lukman, S.Psi., M.App., Psy. (Ketua), Andi Nasrawaty Hamid, S.Psi.,M.A. (Anggota), Perdana Kusuma, S.Psi.,M.Psi.T. (Anggota).

Melalui kegiatan ini sebagai salah satu bentuk nyata keberlanjutan perhatian dari fakultas psikologi UNM sebagai salah satu lembaga pendidikan yang senantiasa hadir secara konsisten untuk melakukan ragam pendampingan dan kerelawanan pasca bencana.

PKM ini merupakan pengejawantahan dari Tri Dharma perguruan tinggi yang berusaha memperkenalkan mindfulness sebagai salah satu bentuk pendekatan yang dapat dilakukan untuk meregulasi dan mereduksi gangguan emosional yang bisa saja muncul pasca sebuah bencana terjadi dan memberikan dampak bagi individu maupun masyarakat.

Pada saat pelaksanaan para peserta sangat antusias dalam mengeksplorasi kondisi terkini mereka yang kemudian dilanjutkan dengan mempraktikkan teknik mindfulness untuk meregulasinya dan mengungkapkan bahwa teknik ini mampu untuk tidak hanya mengidentifikasi dan menyadari kondisi terkini mereka namun juga mampu untuk kemudian memberikan efek psikologis berupa ketenangan, kebahagiaan yang diungkapkan melalui kata-kata dan senyuman, bahkan ada beberapa partisipan yang mengungkapkan bahwa dirinya akan berupaya mempraktikkan teknik mindullness ini dalam kesehariannya, karena sudah dirasakan mampu untuk menyadarkan dirinya mengenai bagaimana memaknai aktivitas yang dilakukan, menerima kondisi saat ini bahkan mendapatkan insight menyiapkan rencana ke depan.

Selama pelaksanaan kegiatan menggunakan protokol kesehatan selama masa pandemic covid19 dan membatasi jumlah partisipan yang dilibatkan. Kegiatan ini bertempat di LPMP Provinsi Sulawesi Barat dengan kondisi ruangan dan lokasi yang sangat nyaman dilengkapi dengan fasilitas yang sangat mendukung pelaksanaan PKM ini.
semoga kedepannya para partisipan mampu untuk terus menggunakan teknik mindfulness ini dalam kesehariannya guna pengembangan dan peningkatan kualitas hidup, khususnya meregulasi emosi dan mereduksi berbagai hal negatif yang dapat menghambat individu.

 930 total views,  1 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *