Wilayah Kecamatan Bumi Jawa Longsor

oleh -814 views

*Laporan Nurrochim – Inspiratif.co.id

TEGAL – Bencana longsor menimpa warga Desa Soka Tengah, Kecamatan Bumi Jawa, Kabupaten Tegal, pada Minggu sore 26-September-2021. Bencana alam yang menimpa warga RT 04/RW 03 sampai malam ini tidak ada korban jiwa, namun terdapat bangunan rumah milik Bapak Tarno yang mengalami kerusakan cukup parah. Kerugian yang dialaminya diperkirakan kurang lebih mencapai Rp.65 juta.

Minggu sore sekitar pukul 17.00 WIB, salah seorang warga Sopan (45) bersama anaknya menyaksikan tembok setinggi kurang lebih 4 meter dan panjang sekitar 10 meter yang merupakan pembatas antara warga dengan 6 Mesjid Attaqwa di Desa setempat runtuh menimpa rumah Bapak Tarno hingga merubuhkan sebagian rumahnya, beruntung penghuni rumah tidak di tempat sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Kepala Desa Soka Tengah A. Ghufro, menjelaskan “Musibah ini adalah pergeseran bumi dan berakibat retak-retak memanjang serta berlubang, kejadian serupa sering dialami warga wilayah Bumi Jawa. Konon tanah daerah tersebut sebagian besar labil sehingga kejadian serupa berulang” ujarnya di depan warga.

Dampak dari bencana alam yang kerap terjadi adalah patahnya ruas jalan hingga tidak dapat dilewati pengguna jalan. Pemerintah Kabupaten Tegal sering memberi imbauan agar setiap musim tiba untuk selalu waspada, terutama masyarakat yang bermukim di daerah rawan longsor, karena musibah bisa datang kapan saja. (*)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *