Akhirnya Pemkab Tubaba Respon Aksi Yang Dilakukan Keluarga Tuan Raja Isun

oleh -1,166 views

*Laporan: Wardi Saputra

(Inspiratif.co.id)Tubaba – Terkait aksi yang dilakukan keluarga besar Tuan Raja Isun Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) yang memasang patok tanda kepemilikan tanah dan menuntut bagi hasil tanah seluas 50 hektare yang saat ini tengah digunakan oleh pihak PT.Huma Indah Mekar (HIM) dari tahun 1984 akhirnya mulai direspon Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) setempat. Rabu, 20-Oktober-2021.

Hal itu terlihat dari adanya surat Undangan Rapat dengan Nomor : 005/329/1.01/TUBABA/2021 diruang rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Tubaba pada hari Kamis, 21-Oktober-2021 yang ditujukan untuk
1.Kapolres Tubaba
2.Dandim 0412 LU
3.Kakan BPN Tubaba
4.Pimpinan PT.HIM
5.Kepala Dinas Perkimta Tubaba
6.Kabag Hukum
7.Kabag Tata Pemerintahan
8. Camat Tulangbawang Tengah
9.PJ. kepalo Tiyuh Penumangan
10.Keluarga Yusuf ST Rajou Balak

Undangan tersebut juga diperkuat dengan pengakuan pihak Yusuf ST Rajou Balak Keturunan sekaligus perwakilan dari Tuan Raja Isun yang membenarkan adanya undangan rapat dari Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba.

“Benar, kita mendapat undangan rapat dari Sekretariat Pemkab Tubaba pada Kamis, 21-Oktober-2021 terkait aksi yang kami lakukan dilokasi tanah yang saat ini masih dikuasai oleh PT.HIM,”Ucap Yusuf ST Rajou Balak saat dijumpai dikediamannya malam ini.

Sebelumnya, diketahui Keluarga besar Tuan Raja Isun melakukan pemasangan Patok di lokasi Umbulan Tebing Tetok pada Senin,18-Oktober-2021 yang lalu.

Aksi yang dilakukan tersebut didasari oleh 18 poin dasar, salah satunya di poin terakhir yakni Surat kami Kepada Bupati Tulang Bawang Barat nomor:100/01/PNG-jan/RB/2012 pada tanggal 1 Maret 2012 tentang permohonan Fasilitasi pengembalian tanah Hak Milik Keluarga, namun hingga aksi itu dilakukan oleh Keluarga besar Tuan Raja Isun belum ada respon positif yang dilakukan Pemkab Tubaba dalam merespon apa yang menjadi Permintaan mereka.

Sementara, berdasarkan pantauan dan sumber yang didapat oleh awak media, besok 21-Oktober-2021, pihak PT. HIM akan melakukan perubahan yang semula Pohon karet dan kini akan diganti dengan Tanaman padi termasuk Lokasi Umbulan tebing Tebing Tetok.

“Besok akan dilakukan Penanaman Padi perdana disini yang akan dihadiri oleh Anak ARB, jadi kalau mau meliput kegiatan itu datang saja besok kesini.”Jelas salah satu Security PT. HIM yang enggan menyebutkan namanya. (*)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *