Hadirkan Narsum dari Malaysia dan TDM, Prodi Manajemen IIB Darmajaya Gelar Kuliah Umum Human Resource Management

(Inspiratif.co.id)BANDARLAMPUNG – Program Studi (Prodi) Manajemen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Kuliah Umum ‘The Effective Human Resource Management in an Organization” secara daring, Senin 27-Juni-2022.

Hadir sebagai narasumber Senior Lecture University Malaysia Perlis, Dr. Mohd Fitri Mansor dan General Manager Marketing PT Tunas Dwipa Matra (TDM) Dony Ronaldo. Kuliah umum yang dimoderatori Betty Magdalena, S.Pd., M.M. dan diikuti oleh 100-an mahasiswa Prodi Manajemen.

Bacaan Lainnya

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) IIB Darmajaya, Aswin, S.E., M.M., mengatakan kegiatan kuliah umum ini juga sebagai bagian dari pembelajaran kepada mahasiswa untuk menggali ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dari dosen luar dan praktisi. “Kuliah yang diikuti oleh mahasiswa peminatan manajemen SDM ini juga menjadi knowledge tambahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kaprodi Manajemen Susanti, S.E., M.M. berharap mahasiswa dapat menyimak dengan baik yang disampaikan narasumber mengenai tataran praktis maupun konsep bagaimana manajemen SDM dalam sebuah organisasi.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Dr. Mohd Fitri Mansor dan GM Marketing TDM Dony Ronaldo yang bersedia membagikan ilmunya kepada mahasiswa IIB Darmajaya,” tuturnya.

Sementara, Dr. Mohd Fitri Mansor menjelaskan Manajemen Sumber Daya Manusia adalah pengembangan dan implementasi sistem dalam sebuah organisasi untuk menarik, mengembangkan dan mempertahankan tenaga kerja berkinerja tinggi.

Menurutnya, semua fungsi SDM harus terintegrasi bersama dengan strategi bisnis untuk mencapai efektivitasnya. Kerjasama lintas fungsi antar departemen akan memfasilitasi departemen SDM untuk mencapai individu dan bisnis tujuan.

“Serta, meningkatkan kinerja organisasi. Pemimpin SDM harus berpikir out of the box daripada berfokus pada fungsi SDM semata-mata untuk menjadi organisasi kelas dunia,” tuturnya

Dalam kesempatan yang sama, Dony Ronaldo mengatakan leadership adalah sikap yang dimiliki seseorang untuk bisa mengajak mempengaruhi untuk melakukan sesuatu secara berkala yang berhasilnya bisa terukur dengan goal yang dicapai. “Saya sebagai GM, pengaruh saya base on jabatan saya. Otoritas yang saya gunakan ini berdasarkan jabatan,” ungkapnya.

Pemimpin itu, lanjut dia, bukan berdasarkan jabatan tetapi yang kamu dapatkan dari proses. “Prinsip manajemen itu dilakukan karena keterbatasan yang ada. Makanya kita harus mengelolanya dengan baik,” ujarnya.

Dony biasa dia disapa juga menjelaskan mengenai tipe-tipe kepemimpinan dan dan pentingnya menjadi leader bagi diri sendiri. “Pemimpin yang baik harus memiliki perencanaan dan mampu menjadi pembelajar bagi diri sendiri maupun orang lain,” tandasnya. (Rls)

 192 total views,  3 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.