Korwil Bawaslu Lampung Tinjau Kesiapan Lokasi Tes CAT Rekrutmen Panwascam

Daerah, Lampung10 Dilihat

(Inspiratif.co.id)LAMPUNG UTARA, – Koordinator Wilayah (Korwil) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung, Suheri.SIP, melakukan peninjauan kesiapan dan kelengkapan lokasi tes Computer Assisted Test (CAT) rekrutmen anggota Panwascam di SMK N 3 Kotabumi, Lampung Utara.

Saat meninjau kesiapan pelaksanaan tes CAT rekrutmen anggota panwascam se-23 kecamatan yang diselenggarakan oleh Bawaslu kabupaten Lampung Utara, Suheri memastikan bahwasannya persiapan ini benar benar siap sehingga tidak ada kendala saat pelaksanaan nantinya.

“Kita meninjau ini (Jumat 30 September 2022) sejauh mana kesiapan lokasi tes CAT, dan kelengkapan lainnya, kita lihat Bawaslu Lampung Utara sudah siap,” jelas Suheri saat dikonfirmasi. Sabtu 1 Oktober 2022.

Ditambahkannya, sebelum dan saat dalam pelaksanan tes ini Bawaslu Lampung Utara untuk berkoordinasi dengan pihak PLN Kotabumi agar pada pelaksanaan tes ini nantinya tidak terjadi pemadaman listrik.

“Namun untuk antisipasi, Saya sudah meminta agar Bawaslu kabupaten menyiapkan Ganset. Karena dalam pelaksanaan tes ini tidak boleh terjadi pemadaman karena akan menggangu koneksi ke pusat,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan tes ini nantinya, terang Suheri akan dilakukan secara online, yang membuat soal, yang mengoreksi dan yang menilai adalah pihak Bawaslu RI.

Penerapan tes CAT ini terang dia, kali pertama dilakukan oleh pihak penyelenggara pemilu untuk rekrutmen anggota Panwascam. Untuk level Bawaslu Provinsi dan kabupaten sudah menetapkan tes CAT.

“Jadi komitmen pimpinan Bawaslu RI merekrut panitia pengawas yang memilik kompetensi terkait kepemiluan. Itulah yang diutamakan, Jadi meyakini bahwa meraka yang terpilih nanti memiliki nilai kepemiluannya masuk dalam kategori minimal,” terangnya.

Kepada peserta tes CAT diharap untuk menambah wawasan, kemudian pihaknya tetap melakukan pengawasan. Bahkan nantinya pihaknya akan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi adanya kecurangan dan adanya oknum-oknum yang ingin menjadi joki.

“Saya menghimbau kepada para peserta agar terus belajar tentang keterkaitan undang-undang kepemiluan dan penyelenggaraan pemilu. Yakin saja ini adalah tes yang benar-benar clean dan clear, artinya ketika peserta memang memilik kemampuan dan berhasil menyelesaikan soal dengan baik maka itulah nilai objektif yang didapat.” tukasnya.

Mantan Komisioner KPUD Lampung Utara ini menyatakan bahwa dalam pelaksanaan rekrutmen anggota Panwascam di 23 Kecamatan Lampung Utara harus dilakukan perpanjangan, Hal ini disebabkan karena pada 22 kecamatan kuota 30 persen keterwakilan perempuan belum terpenuhi maka akan diperpanjang sampai tanggal 7 Oktober 2022 mendatang.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Lampung Utara Koordinator Divisi SDMO, Ma’sum Bustami mengaku bahwa pihaknya telah siap untuk melakukan tahapan tes CAT ini.

Bahkan terang Ma’sum, “Selaku ketua Pokja Bawaslu Kabupaten Lampung Utara pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Lampung Utara untuk kerjasama melakukan keamanan. Selain itu, juga pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk mengantisipasi kesehatan para peserta pada saat melakukan tes nanti,” ujarnya.

Selain pihaknya juga telah mengambil langkah-langkah kongrit berkoordinasi dan pihak PLN meminta untuk tidak ada terjadinya pemadaman listrik pada saat dilaksanakannya tahapan tes CAT tersebut.

“Mudah-mudah pelaksanaan tes yang diikuti oleh 551 peserta ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya,” tutupnya.

 291 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *