Pusat Publikasi dan HKI LP2M Bersama EST UNM Gelar Workshop Editor Jurnal Ilmiah

oleh

(Inspiratif.co.id) – MAKASSAR – Pusat Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan Journal of Educational Science and Technology UNM melaksanakan workshop editor dengan topik “Peningkatan Akreditasi Jurnal dan tata kelola Indeks Internasional Berepuasi” di Hotel Continent, Jalan Adiyaksa Baru, Kota Makassar pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Kegiatan ini merupakan program Hibah Jurnal Ilmiah Tahun 2022 EST UNM dari Kemendikbudristek sebagai peningkatan peran editor jurnal ilmiah terhadap peningkatan akreditasi nasional dan Terindeks Internasional Bereputasi.

Kepala Pusat Publikasi & HKI LP2M UNM, Prof. Amirullah Abduh, Ph. D., mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada semua editor jurnal di UNM tentang parameter-parameter yang harus dilalui untuk menuju jurnal ber-indeks bereputasi internasional.

“Dengan penguasaan parameter tersebut mereka bisa mengaplikasikannya di dalam manajemen jurnalnya masing-masing, maka nantinya akan berdampak pada apa yang bisa terlihat dari output jurnal tersebut, seperti laman dan isinya” ungkap Editor IJOLE Terindeks Scopus Q1 ini.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Workshop Editor, Muh. Ilham bakhtiar, S.Pd., M.Pd., sekaligus Chief Editor EST UNM Sinta 2 mengungkapkan bahwa manfaat dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan proses pengelolaan jurnal dalam lingkup UNM, baik yang belum terakreditasi, sudah terakreditasi, naik peringkat akreditasi, maupun naik peringkat terindeks scopus dengan melihat ketentuan-ketentuan akreditas jurnal nasional.

“Manfaat selanjutnya yakni memberikan wawasan keilmuan terkait bagaimana mekanisme pengelolaan jurnal yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.” tutur Ketua PD Relawan Jurnal Indonesia Sulawesi Selatan ini.

Harapannya, editor yang hadir pada kegiatan ini termotivasi untuk meningkatkan pengelolaannya sesuai dengan kebijakan yang menjadi tuntunan pada akreditasi jurnal.

Rencana tindak lanjut pada kegiatan workshop editor ini yakni panitia pelaksana akan intensif melakukan monitoring kepada jurnal-jurnal untuk melihat hasil yang diperoleh pada hari ini dapat diterapkan di masing-masing jurnal dan pembinaan secara privat seperti klinik artikel sebagai ruang diskusi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *