Wakil Bupati Waykanan Sambut TP PKK Provinsi Lampung

oleh

(inspiratif.co.id) — WAY KANAN -TP PKK Provinsi Lampung menggelar kegiatan kunjungan kerja ke Desa Model Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting serta Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Kampung Rambang Jaya, Kabupaten Way Kanan, Kamis 24-November-2022.

Dalam kunjungan kerja tersebut Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari, diwakili Sekretaris TP. PKK Provinsi Lampung, Fitrianita Damhuri diterima Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman MT didampingi Forkompinda, dan sejumlah pejabat Kabupaten Way Kanan.

Fitrianita yang membacakan sambutan tertulis ketua TP PKK Provinsi Lampung mengatakan, bahwa sejalan dengan arahan Pemerintah Pusat dan agenda kerja Pemerintah Provinsi Lampung, TP PKK Provinsi Lampung sebagai mitra Pemerintah, memprioritaskan 3 isu utama.

“Isu utama tersebut yaitu pemberdayaan perempuan, pemenuhan hak anak dan pencegahan stunting yang sekaligus menjadi tema kunjungan kerja pada hari ini,” ujarnya.

Isu pemberdayaan perempuan, lanjut Fitrianita, hakikatnya bukan menjadikan ibu-ibu sebagai pesaing bagi bapak bapaknya, tapi ibu-ibunya diharapkan bisa menjadi mitra dan pelengkap bagi bapak-bapaknya serta bisa menyiapkan anak-anaknya menjadi generasi berkualitas.

“Kenapa permasalahan stunting atau kerdil ini menjadi sangat penting, karena stunting akan berakibat pada menurunnya kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Menurut Fitrianita, stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas.

Meskipun berdasarkan data Survey Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) capaian Provinsi Lampung dalam penurunan stunting sudah cukup baik, dari 26,26% pada tahun 2019 menjadi 18,15% di tahun 2021 (dibawah nasional 24,4%), akan tetapi masih dibutuhkan kerja keras kita semua untuk mewujudkan Provinsi Lampung bebas stunting masih sangat diperlukan. (kmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *