Prodi Akuntansi IIB Darmajaya Hadirkan Praktisi dalam Kelas

oleh

(Inspiratif.co.id)BANDARLAMPUNG – Program studi Akuntansi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar kuliah Teori Portofolio dan Analisis Investasi dengan menghadirkan praktisi dari Phintraco Sekuritas dalam kelas, Selasa 13-Desember-2022.

Kelas yang diampu Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc. tersebut menghadirkan Juan Sha Sha Fitrah untuk memberikan materi kuliah. Tidak hanya dari Phintraco Sekuritas, dari Perwakilan Bursa Efek Indonesia Lampung juga turut hadir dalam kuliah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Juan Sha Sha Fitrah memaparkan mengenai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) seperti capital gain, capital loss, dividen, saham reguler, saham syariah dan sebagainya. Juan juga langsung mengenalkan mahasiswa beberapa aplikasi yang menunjang untuk mengetahui laporan keuangan dari perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Juan mengatakan bahwa untuk membeli suatu saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia harus memiliki Rekening Dana Nasabah (RDN). “Setiap investor ataupun masyarakat yang memiliki 100 lembar saham juga berarti dapat dikatakan memiliki perusahaan tersebut,” ungkapnya.

RDN, lanjut dia, dapat dibuat pada sekuritas yang terdaftar dan berizin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Dimana RDN tersebut menjadi awal untuk transaksi penjualan dan pembelian saham di BEI,” ujarnya.

Juan juga menyebutkan beberapa pengelompokkan saham berdasarkan indeks yakni LQ45, IDX 30, dan IDX 80. “Untuk membeli saham perusahaan disarankan mengenal perusahaan terutama mengenai produk yang dihasilkannya. Juga laporan keuangan dari perusahaan tersebut apakah baik atau buruk,” terangnya.

Sementara, Ketua Prodi Akuntansi IIB Darmajaya, Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc., mengatakan tujuan dilakukan kegiatan ini mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman secara teori tapi mahasiswa juga dapat pemahaman investasi secara praktik. “Harapannya dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat mencoba terjun secara langsung berinvestasi di bursa saham, karena mahasiswa akan dibukakan akun di Phintraco Sekuritas selanjutnya akan praktik,” ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan ini tidak hanya satu kali tetapi nanti akan dihadirkan kembali untuk tahapan analisis investasi. “Kegiatan ini juga akan dilaksanakan di kelas lain pada mata kuliah Teori Portofolio dan Analisis Investasi (TPAI),” pungkasnya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *