Ini Yang Disampaikan Putra Jaya Umar Saat Hadiri Kesenian Kuda Lumping

oleh

(Inspiratif.co.id)TUBABA – Dalam rangka terus menumbuh kembangkan seni budaya di bidang hiburan, Tiyuh Daya Asri Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) adakan hiburan Kuda Lumping, Minggu, 01-Januari-2023.

Hiburan Kuda Lumping tersebut, di hadiri oleh H. Putra Jaya Umar yang merupakan salah satu tokoh masyarakat di Kabupaten Tubaba sekaligus Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Lampung yang didampingi oleh Tokoh Masyarakat Tiyuh Daya Asri.

Menurut Putra Jaya Umar, kehadirannya di kegiatan hiburan tersebut sebagai bentuk dukungannya terhadap salah satu seni budaya daerah yang ada di Kabupaten Tubaba.

“Kita sangat mendukung dengan dilestarikannya salah satu seni hiburan seperti ini, mengingat kemajuan jaman yang seperti ini kalau kita tidak Sama-sama mendukung maka dikhawatirkan akan hilang,” kata Putra Jaya Umar melalui via selulernya pada Minggu, 01-Januari-2023 Sore.

Putra Jaya Umar juga menyampaikan rasa apresiasinya terhadap pihak Tiyuh Daya Asri yang masih tetap melestarikan seni budaya kuda lumping, apalagi diselenggarakan pada moment hari-hari besar.

“Dengan diadakannya hiburan kuda lumping tersebut sudah pasti ramai penontonnya, apalagi seperti hari ini yang bertepatan dengan tahun baru 2023 sudah pasti warga sekitar bahkan warga dari luar tiyuh akan banyak berdatangan untuk menyaksikannya,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Putra Jaya Umar berharap seni budaya hiburan itu tetap terus dilestarikan, bukan hanya di Tiyuh Daya Asri melainkan di Tiyuh-tiyuh lain yang ada di Kabupaten Tubaba.

Seperti yang diketahui, salah satu seni budaya hiburan Kuda Lumping atau lebih tepatnya Tarian Kuda Lumping berasal dari Ponorogo. Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu atau bahan lainnya yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda, dengan dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau sejenisnya yang di gelung atau di kepang, sehingga pada Masyarakat sering disebut sebagai “Jaran Kepang”. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *