Gubernur Arinal Djunaidi Melepas Jemaah Calon Haji Provinsi Lampung Tahun 2023

oleh

inspiratif.co.id —- Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi melepas Jemaah Calon Haji Provinsi Lampung Tahun 2023, di Aula Asrama Haji Rajabasa, Selasa (23/5/23).

Gubernur Arinal mengatakan, pelepasan Jemaah Calon Haji tahun ini merupakan wujud kebersamaan dan kepedulian sebagai satu kesatuan umat Muslim. Gubernur mengajak untuk saling memberikan dukungan dan doa kepada seluruh Jamaah Calon Haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji.

“Marilah kita bersama-sama mendoakan keselamatan, kemudahan, kesehatan dan kelancaran dalam perjalanan. Semoga para jamaah calon haji kita dapat melaksanakan semua rukun haji dengan sempurna dan kembali ke tanah air dengan penuh keberkahan, mendapat maghfirah dari Allah SWT dan menjadi Haji yang Mabrur,” kata Gubernur Arinal.

Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan Jemaah Calon Haji. Gubernur memjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk memastikan segala persiapan dan pengaturan telah terpenuhi dengan baik.

Pemerintah Provinsi Lampung juga telah memberikan bimbingan dan pembekalan yang diperlukan untuk menghadapi perjalanan ibadah ini, serta berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan stakeholder terkait lainnya untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan Jamaah.

Gubernur Arinal mengingatkan kepada para Jemaah Calon Haji, bahwa selain menunaikan rukun kelima dari rukun islam, kepergian para Jemaah Calon Haji juga secara tidak langsung membawa nama baik daerah, dan nama baik bangsa pada umumnya.

Gubernur berharap kepada seluruh jemaah untuk selalu menaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan tuntutan ibadah, sehingga seluruh Jemaah Calon Haji, khususnya yang berasal dari Provinsi Lampung, dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah Haji dengan sebaik-baiknya, serta kembali ke tanah air berada dalam keadaan sehat, selamat dan dapat berkumpul kembali bersama keluarga.

“Secara khusus, Saya berharap kiranya Bapak Ibu dapat mendoakan agar Provinsi Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai yang kita cintai ini, senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, tetap tenteram, aman dan terhindar dari semua fitnah dan bencana,” harap Gubernur.

Gubernur Arinal juga berharap kepada Pembimbing dan Petugas Haji agar melakukan tugasnya sesuai amanah dan penuh rasa tanggung jawab.

“Saudara-saudara sangat diharapkan untuk membimbing Jemaah Calon Haji, sehingga dapat tertib dan sukses dalam melaksanakan ibadahnya,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Puji Raharjo mengungkapkan, jumlah jemaah haji yang diberangkatkan dari Provinsi Lampung sebanyak 7050 orang. Dari jumlah tersebut, jumlah jemaah haji reguler yang melunasi sebanyak 6202 orang dengan sisa kuota yang tidak dilunasi kuota reguler sebanyak 848 orang.

“Tapi ada jemaah cadangan yang melunasi sebanyak 996 orang. Dari kuota 7050 orang tersebut yang tidak bisa diberangkatkan sebanyak 148 orang. Jadi kita kelebihan 148 orang dari kuota yang telah disiapkan,” kata Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Untuk Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH Kloter) berjumlah sebanyak 90 orang, petugas haji daerah 44 orang dan pembimbing KBIHU 12 orang.

Puji Raharjo kemudian menjelaskan, jemaah haji tertua dari Provinsi Lampung berumur 97 tahun atas nama Sujani asal Bandar Lampung. Jemaah haji termuda berumur 18 tahun atas nama Rahmat Nur Beni asal Lampung Tengah dan jemaah haji termuda kloter 2 yang diberangkatkan pada acara pelepasan ini berumur 18 tahun M. Fatih Abrori asal Kotabumi.

Puji Raharjo selanjutnya berpesan kepada jemaah haji agar selalu menjaga kekompakan dan kerjasama yang baik antar sesama jemaah, menjaga kesehatan terutama menjelang puncak haji wukuf di arafah, muzdalifah dan mina, serta mengutamakan ibadah wajib.

Puji Raharjo selaku Kepala staf urusan Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Antara tahun 1444 H / 2023 M mengucapkan terima kasih kepada Gubernur selaku Koordinator PPIH Embarkasi Antara Lampung yang telah banyak memberikan arahan dan dukungan dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan terbaik kepada para Jemaah haji.

“Termasuk keberangkatan kita dari Branti sampai Soekarno-Hatta dibiayai Pak Gubernur dan Bupati Walikota. Semua dapat subsidi dari Pak Gubernur untuk pemberangkatan dari Bandar Lampung sampai Soetta dan pulangnya,” kata Puji Raharjo. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *