Bulan Kemerdekaan, Kibarkan Bendera Merah Putih Selama Bulan Agustus 2023

oleh -470 views

inspiratif.co.id —  Pemerintah Provinsi Lampung  diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Lampung Senen Mustakim, didamping Plh. Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh,  mengikuti Konferensi Pers Agenda Bulan Kemerdekaan Tahun 2023 secara virtual bertempat di Ruang Sakai Sambayan, Senin (31/07/2023).

Dalam konferensi pers tersebut, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama menyampaikan beberapa hal terkait penyelenggaraan kegiatan Bulan Kemerdekaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78.

“Tahun ini kita akan memperingati hari ulang tahun ke 78 kemerdekaan Indonesia dengan tema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’, tema ini merepresentasikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama manfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju,” ucapnya.

Menurutnya sesuai tradisi, bulan kemerdekaan di tahun 2023 akan dimeriahkan dengan berbagai acara baik di istana maupun diluar istana.

Adapun agenda yang akan dilakukan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 78 diantaranya :

  1. Agenda bulan kemerdekaan di istana akan diawali dengan zikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus 2023.
    2. Penganugerahan tanda kehormatan pada tanggal 14 Agustus 2023.
    3. Pengukuhan Paskibra pada tanggal 15 Agustus 2023
    4. Pidato Presiden pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR DPD serta penyampaian RAPBN pada tanggal 16 Agustus 2023.
    5. Upacara Apel kehormatan dan renungan suci pada tgl 17 Agustus dini hari, upacara peringatan detik-detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2023 yang didahului dengan kirab bendera pusaka dan pertunjukan seni.

Setya Utama  mengajak seluruh masyarakat untuk menyaksikan kirab dan pertunjukan seni yang akan ditampilkan pada HUT RI.

“Kami mengajak kepada saudara-saudara semua untuk hadir dan menyaksikan kemeriahan dari kirab tersebut yang mungkin di tahun-tahun sebelumnya tidak diadakan,” ajaknya.

Selain itu, dengan berakhirnya pandemi Covid-19, upacara detik-detik proklamasi akan dilakukan sepenuhnya secara luring sehingga masyarakat juga diharapkan partisipasinya dalam mengikuti upacara tersebut.

“Masyarakat diharapkan dapat hadir mengikuti upacara tersebut secara luring dan dipersilahkan untuk mendaftarkan diri melalui sistem aplikasi pandang istana,” lanjutnya.

Untuk menyesuaikan agenda tersebut, Setya Utama mempersilahkan Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah daerah untuk menyesuaikan waktu pelaksanaan upacara di tempatnya masing-masing.

“Dalam pelaksanaan upacara oleh Kementerian lembaga dan pemerintah daerah dipersilahkan untuk menyesuaikan waktu, dan dalam waktu dekat kami akan menerbitkan pedoman pelaksanaan terkait dengan upacara di kementerian lembaga dan pemerintah daerah,” ucapnya.

Setya Utama juga mengajak seluruh masyarakat untuk memeriahkan bulan kemerdekaan dengan melangsungkan berbagai lomba dan acara sosial di seluruh penjuru Tanah Air.

“Kami mengajak seluruh rakyat Indonesia menyemarakkan bulan kemerdekaan ini dengan berbagai lomba, pertunjukan acara sosial dan lain-lain diberbagai penjuru, kota, desa, kelurahan, rt, rw lingkungan sekitar rumah di perkantoran swasta, pemerintah, BUMN dan berbagai tempat wisata,” ajaknya.

Diakhir, Setya Utama juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera mulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 31 Agustus 2023.

“Mengingatkan kembali kepada semua masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 31 Agustus 2023, mohon memasang logo HUT kemerdekaan RI ke 78 pada berbagai media didalam ruang maupun luar ruang dan juga di logo itu ditampilkan juga keketuaan ASEAN di salah satu sudutnya,” pungkasnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *