Dinas Kesehatan Tuba Barat Lampung Tak Dapat Ambil Tindakan Atas Keberadaan Orgil

LAMPUNG – Nampaknya Warga yang selama ini diresahkan atas keberadaan Orang Gila (Orgil) yang sering berbuat anakri itu belum bisa bernafas Lega.

Pasalnya Pemkab Tulangbawang Barat melalui Dinas Kesehatan tidak bisa mengambil tindakan karena Orgil itu tidak ada keluarga dan tidak ada yang bisa Tanggung Jawab.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat, melalui Majril Sekretarisnya menyampaikan siap memfasilitasi, Namun dalam hal ini harus ada pihak yang siap bertanggung jawab,”Dinas Kesehatan siap-siap saja untuk memfasilitasi orang dengan gangguan jiwa tersebut yang selama ini kerap meresahkan warga sekitar, Namun dalam hal ini harus adanya dari pihak keluarga ataupun aparatur Tiyuh siap untuk bertanggung jawab, namun kira-kira siapa yang akan bertanggung jawab, Orgil ini kan sudah tidak ada keluarganya,”kata Majril di ruang kerjanya, Selasa, 20 Maret 2018.

Sedangkan sebelumnya, menurut Majril Pemkab sendiri telah Dua kali memberikan bantuan kepada Orgil tersebut atau yang kerap dipanggil selamet namun sudah dipulangkan lagi,”Kalau gak salah kami sudah dua kali mengantarkan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) kemudian dipulangkan lagi kekeluarganya, tapi dulu masih ada yang menanggung jawabnya dari pihak keluarga, dan sekarang keluarganyakan sudah tidak ada lagi, jadi siapa yang akan bertanggung jawab dalam hal ini ketika terjadi sesuatu.” Ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga menuturkan, keterlibatan dalam Satuan Kerja (Satker) terkait Penanganan Orang dengan gangguan jiwa ini bukan hanya Dinas Kesehatan Saja,”dalam Lingkup Pemkab setempat harus di ikut sertakan, seperti Disdukcapil, Dinas Sosial, dan Pol-PP juga dan Untuk saat ini harapan dari Dinas Kesehatan sendiri agar adanya fasilitas Tempat Penampunagn Sementara (TPS) terhadap orang Gangguan Jiwa di Kabupaten Tulangbawang Barat,”tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *