Hadapi UN SMP, Disdikbud Lampura Lakukan Persiapan Matang

Laporan : Berkhin S. – Inspiratif.co.id

LAMPUNG – Menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat Sekolah menengah Pertama (SMP) pada 23 April 2018 mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, sejauh ini menyatakan siap.

Kepala Disdikbud Suwandi, diwakili Kabid Diknas, Hairul Fadilla, mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan baik guna persiapan UNBK, mulai dari sekolah, UPTD sampai ke PLN setempat.

“Dari awal sudah kita siapkan untuk UNBK ini, seperti koordinasi dengan PLN, artinya ketika pelaksanaan ujian tidak ada pemadaman, dan juga tiap sekolah ada yang menggunakan genset,” Ujar Hairul Fadilla selaku Kabid Diknas, didampingi Devi Susanti, Kasi SMP, Disdikbud, kepada wartawan 09 April 2018.

Masih kata Khairul, meski ada pergantian struktur kepada Disdikbud namun itu tidak menimbulkan persoalan hingga UN berlngsung, karena sejauh ini tetap ada koordinasi yang baik antar Kasi SMP lama dan baru. “Kita ada pergantian tetapi programnya sudah kita siapkan,” tambahnya.

Data yang didapat, untuk sekolah di Lampung Utara dengan basis UNBK sebanyak 60 sekolah SMP/MTs, dan untuk sekolah UNKP sebanyak 112 SMP/MTs. Dengan total 10321 dengan rincian 7950 peserta SMP dan 2371 peserta MTs.

Dirinya menghimbau agar para siswa siswi calon peserta Ujian Nasional untuk dapat tetap menjaga stamina dengan baik, sehingga nanti pada saat UN pelajar benar benar siap. Apa saat ini sedang mengikuti Ujian Akhir Sekolah. (*)