Tim Basket UI Kalah Dari UBL di Ajang Ini

Editor : Theresia O. Melon – Inspiratuf.co.id

Lampung – Tim basket putri Universitas Bandar Lampung (UBL) berhasil menyabet gelar juara 1 di ajang Prasmul Olympics yang diselenggarakan di Universitas Prasetiya Mulya, Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan pada tanggal 18 Maret – 7 April 2018 setelah di final mengalahkan tim unggulan Univeristas Indonesia (UI). Ajang tahunan yang mempertandingkan kegiatan olah raga dan seni ini di ikuti oleh ratusan peserta utusan terbaik berbagai universitas ternama tidak hanya di pulau jawa akan tetapi juga dari luar jawa.

Menurut Yanuarius Yanu Dharmawan, S.S, M.Hum., Manager Tim Basket UBL, UBL mengirimkan 1 tim putri untuk mengikuti kejuaraan bola basket di event ini yang berkekuatan 10 pemain terbaiknya, tergabung di Group Y bersama Universitas Pertamina dan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).  “Di pertandingan pertama babak penyisihan grup pada tanggal 2 April  tim putri UBL berhasil mengalahkan tim Universitas Pertamina dengan skor 64-21. Pada pertandingan kedua pada tanggal 3 April, tim putri UBL berhasil mengungguli tim STAN dengan skor 54-7. Tim putri UBL sejak awal pertandingan selalu menguasai bola dan hanya beberapa kali kehilangan bola” Ujar Yanu Via pesan elektronik, Sabtu 07 April 2018 lalu.

Yanu juga menjelaskan pada babak perempat final Tim putri UBL harus bertemu dengan tim unggulan yaitu tim basket putri Universitas Tarumanegara yang dilatih oleh pelatih nasional, meski sempat tertinggal akhirnya tim putri UBL unggul di detik terakhir pertandingan dengan angka 28-27. Pada babak semifinal tim putri UBL berhadapan dengan tim Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali dan berhasil unggul dengan skor 41-24 dan berhak maju ke babak final.

Puncaknya di final tim basket putri UBL harus melawan tim unggulan lainnya yaitu tim Universitas Indonesia (UI). “ Tim kita berhasil unggul di quarter 1 dengan skor 13-6, di quarter 2 juga masih unggul dengan skor 24-22. Di quarter 3 UI berhasil unggul dengan skor 38-34. Tapi berkat semangat juang yang tinggi dari dan kekompakan tim serta strategi pelatih Indri Julianti dan Arief khan yang jitu , tim basket putri UBL berhasil berbalik unggul di quarter 4 dan mengkandaskan harapan tim basket putri UI untuk menjadi juara dengan skor final menjadi UBL 49:46 UI” tambah Yanu.

Direktur Tim Basket UBL, Dr. Andala Rama Putra Barusman, SE, MA, Ec mengaku bangga atas pencapaian tim basket yang diarsitekinya tersebut. “Saya sangat bangga atas daya juang dan mental juara anak anak tim basket putri UBL. Kemenangan yang dramatis karena pertandingan yang ketat dan harus berhadapan dengan tim unggulan dari kampus kampus ternama di Indonesia. Saya hanya menargetkan awal untuk mencari pengalaman dan menambah jam terbang tanding, akan tetapi anak anak berhasil menjadi juara 1. Ini membuktikan bahwa kualitas anak anak Lampung yang tergabung dalam tim ini tidak kalah dengan tim dari kampus kampus ternama di pulau Jawa” ujar Andala.

Terpisah, Rektor UBL, Dr. Ir. Yusuf S. Barusman, MBA mengucapkan selamat atas pencapaian yang diraih oleh tim basket putri UBL. “Selamat atas diraihnya Juara 1 tim basket putri UBL, ini merupakan kerja keras tim. Saya berharap mereka dapat terus konsisten dengan prestasinya bahkan harus meningkat ke level yang lebih tinggi, tidak gentar menghadapi semua lawan tanding walaupun dari tim tim unggulan. Bisa membawa nama harum kampus dan Lampung di ajang nasional bahkan internasional,” kata Yusuf. (hms)

Keterangan Foto : Tim basket putri UBL menerima tropi penghargaan sebagai Juara 1 setelah mengalahkan tim basket putri UI di Final ajang Bola Basket Prasmul Olympics di Tangerang Selatan.