Gempa 4,8SR di Pesibar, Tak Berpotensi Sunami

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Berkhin.S –  Lampura

LAMPUNG – Hasil analisis Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Lampung Utara, menunjukkan bahwa telah terjadi gempabumi pada Senin 10 September 2018, pukul 09:49:58WIB.

Guncangan itu diketahui dengan kekuatan M=4,8 Skala Richter dengan koordinat episenter 5.86 LS dan 103,89 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 74 km Barat Daya Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 25 km.

“Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan di daerah Liwa, Kabupaten Lampung Barat dan Krui, Kabupaten Pesisir Barat I-II SIG-BMKG (II-III MMI).” Kata Rudi Rudianto, Pengamat Meteologis dan Geofisika Muda, BMKG Lampung Utara, Senin 10 September 2018

Namun demikian dilanjutnya, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi dikedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi pergerakan Lempeng Indo-Australia yang menyusup di bawah Lempeng Eurasia. “Hingga saat ini belum adanya laporan kerusakan yang parah,” lanjutnya.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah Lampung dihimbau agar tetap tenang karena gempabumi ini tidak berpotensi menimbulkan sunami.

Keterangan Foto : Rudi Rudianto, Pengamat Meteologis dan Geofisika Muda, BMKG Lampung Utara Senin, 10 September 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *