Kabag Pendidikan Biro Kesramas Provinsi Jambi Buka Koordinasi LP/LS Kesehatan Olahraga Anak Sekolah

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Hendro

JAMBI – – Program nawacita sejalan dengan UU RI nomor 36/2009, kesehatan yang menyebutkan kesehatan olahraga bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Amir Muslim, SPd, MM Kabag pendidikan, kepemudaan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan KB,  mewakili Kabiro Kesra Mas, Setda Provinsi Jambi yang berhalangan hadir Senin(10/09/2018) ruang utama kantor Gubernur Jambi.

Turut mendampingi Heriyanto. SKM, ME Kasubbag Kesehatan Biro Kesra mas,  Oki Permana, SKM, M.Kes
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Suroso, SKM, M.Kes Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Dikatakan oleh Amir Muslim, pembangunan nasional Indonesia di bidang kesehatan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan setinggi-tingginya melalui peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat.

“program nawacita Presiden RI, Joko Widodo dan Wakil Presiden, jusuf kalla, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui layanan kesehatan masyarakat dengan program kartu Indonesia sehat untuk mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia, “jelasnya.

Kegiatan ini sesuai dengan semua elemen terkait dalam SKB 4(empat) Menteri yaitu Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, Menteri Agama dan Mendagri, hingga sampai tingkat Provinsi khususnya bagi Provinsi Jambi semua OPD mendukung.

“SKB empat menteri itu terkait dalam usaha kesehatan sekolah (UKS), Pertama  bagaimana usaha kesehatan sekolah (UKS), menjadi model sekolah sehat, lingkungan dalam sekolah juga sehat, kedua, semua dinas terkait seperti dinas pendidikan, Dispora, dan Depag, biro Kesra mendukung dalam UKS dalam sekolah, karena ini merupakan arahan dari Gubernur Jambi serta Bupati dan Walikota Se-Provinsi Jambi, “imbuhnya.

Dalam UKS/M ini bagi Provinsi Jambi ada empat jenjang pendidikan yaitu SMA 8 Merangin masuk nominasi Nasional, artinya sekolah yang masuk empat terbaik Nasional se-Indonesia bisa menjadi juara pertama dan harus diverisifikasi kembali oleh tim penilai.

Kedua, SD Xaverius Kota Jambi, juga masuk dalam nominasi Nasional, juga masuk dalam empat terbaik se-indonesia mewakili SD bagi Provinsi Jambi juga berpeluang menjadi juara pertama dan juga akan diverisifikasi oleh tim penilaian.

“Penilain yang dilakukan dalam kategori model sekolah sehat, itu dilihat dan dinilai dari tim bagaimana sekolah maupun lingkungannya maupun kantin, selalu bersih, radius 50 meter dari sekolah, masyarakatnya punya pola hidup, termasuk juga nilai bagi siswa-siswi disekolah perilaku jajan dikantin juga harus sehat,  “ujarnya.

Indikator yang lainnya seperti dukungan semua baik OPD dari pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten kota Se-Provinsi Jambi pada menyehatkan anak-anak siswa-siswi di sekolah.

Keinginan dari pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten kota Se-Provinsi Jambi menginginkan para siswa-siswi itu menjadi duta sekolah sehat, 70 persen penilaian itu ada disekolah merupakan nilai tertinggi, kedua, dinilai juga pada sekretariat UKS Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi, ketiga, sekretariat UKS setiap kecamatan dari Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi.

Dua sekolah tersebut sudah dinilai oleh 6(enam) orang dari tim sekitar 2(dua) minggu yang lalu dan pada bulan september tepatnya tanggal 12 kedua sekolah tersebut akan diverisifikasi kembali.

Kedua sekolah sudah melewati masa verifikasi, maka kedua sekolah tersebut akan diundang ke jakarta oleh Presiden RI, Joko Widodo akan memberikan penghargaan dan perlengkapan alat sekolah seperti laptop.

“Kedua utusan sekolah yang mendapatkan berupa sekolah sehat mewakili Provinsi Jambi yaitu SMA 8 Kabupaten Merangin dan SD Xaverius Kota Jambi ternyata disupport oleh pemerintah provinsi Jambi dan pemerintah Kabupaten Merangin,”tegasnya.

Sementara itu ditambah oleh Oki Permana, SKM, M.Kes
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dengan masuknya kedua sekolah yaitu SMA 8 Kabupaten Merangin dan SD Xaverius Kota Jambi berhasil mengikuti program nawacita dari Presiden RI, yaitu sekolah sehat.

Kegiatan Rakor ini sekaligus memberitahukan kepada peserta untuk mendampingi tim penilai dalam verifikasi pada kedua sekolah tersebut bisa menjadi juara pertama secara nasional, kesehatan dalam sekolah.

Peserta ada sebanyak 35 orang dari lingkungan dinas kesehatan Kabupaten kota dan kabag Kesra mas Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi. (*)

 

#Inspiratif.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *