Ories Maba 2018, Darmajaya The Best Harus Jadi Budaya di Kampus

*Rilis Humas Darmajaya

LAMPUNG —-Shalat berjamaah di masjid merupakan keutamaan bagi setiap lelaki muslim yang baligh. “Di kampus kita ada program shalat berjamaah, melalui program keagamaan akan dilakukan berkesinambungan dengan program Darmajaya The Best,” kata dosen agama Islam Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Ustad Suratno, saat ories mahasiswa baru kampus biru tersebut, Selasa 11 September 2018.

The Best, kata dia, merupakan implemtasi dari Taqwa, Heart, Energick, Brilliant, Empaty, Sinergy, dan Trustworty. “Bagi mahasiswa muslim pun kampus Darmajaya menyediakan Rumah Tahfiz Quran. Bagi mahasiswa yang ingin jadi hafiz quran dibuka kesempat seluas-luasnya untuk belajar menghafal Alquran,” kata Suratno.

Dia juga menjelaskan dalam menjalankan ibadah wajib, bacaan shalat harus sebaik mungkin. Dan nanti kita akan ada pelajaran membaca Alquran dengan baik. Membaca Alquran dengan baik akan dibimbing dosen-dosen agama Islam yang sudah disiapkan kampus,” kata Ketua Satgas Karakter IIB Darmajaya itu.
Program Bina Baca Alquran (BBQ) merupakan program wajib dan semua mahasiswa akan mendapatkan sertifikat yang merupakan salah satu syarat wajib lulus dari kampus Darmajaya. “Jadi, bagi yang belum bisa membaca Alquran dengan baik nanti akan diajarkan baik dalam kelas maupun di rumah tahfiz,” kata dia.

Sementara, Wakil Rektor III IIB Darmajaya Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., menjelaskan tahun lalu dalam rapat forum warek seluruh Indonesia diminta agar untuk memperbaiki bangsa ini yaitu dengan membangun nilai-nilai agama.

Jadi menjalankam agama bukan hanya perintah Allah SWT, tapi kewajiban Kemenristekdikti. “Bahkan kampus IIB Darmajaya satu-satu kampus di luar UIN dan IAIN dengan mata kuliah agama bukan dua SKS, tapi empat SKS,” kata Muprihan.

Dan, kampus IIB Darmajaya juga memiliki laboraturium agama. Dia juga mengatakan sertifikat BBQ merupakan syarat utama ujian skripsi. Bahkan ada tim khusus yang akan menguji mahasiswa dalam kemampuam membaca Alquran. “Bukan hanya agama Islam, tapi juga bagi agama-agama lainnya, karena kita adalah anak bangsa, bangsa Indonesia yang berketuhanan Yang Maha Esa ,” kata Muprihan.
Sedangkan Rektor IIB Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc, menjelaskan kampus yang dipimpinnya menyiapkan banyak dosen agama. Sebagai kampus ekonomi dan teknologi, pihaknya juga mengedepankan ilmu berbasis agama. Sehingga, kata Firmansyah, lulusan kampus IIB Darmajaya selain menguasai ilmu ekonomi dan teknologi juga harus mampu menguasai ilmu agama. “Kami ingin alumni Darmajaya memiliki nilai- nilai religius bersama Darmajaya The Best,” kata dia.

Di bagian lain, mahasiswa penganut agama Hindu, Budha, Kristen, dan Katholik juga mengikuti ories keagamaan di bawah pembimbing agama masing-masing. Mereka juga mengkaji tentang ilmu agama dan membahas Darmajaya The Best sebagai sebuah budaya sesuai agama dan kepercayaan yang dianut. (*)

 

#Inspiratif.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *