Ridho : Arsip Adalah Rekaman Kegiatan Atau Peristiwa Dalam Berbagai Bentuk

* Rilis Humas Pemprov Lampung

LAMPUNG — Gubernur Provinsi Lampung Muhammad Ridho Ficardo meminta Pengurus Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Wilayah Lampung dapat memajukan Asosiasi tersebut ke arah yang Iebih baik, serta dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Pesan Gubernur tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Lampung, Hery Suliyanto usai menyaksikan Pelantikan dan Pengukuhan AAI Tingkat Wilayah Provinsi Lampung Periode 2018-2021, di Ruang Abung, Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Lampung, di Bandarlampung, Rabu 12 September 2018.

Hery mengatakan lebih lanjut, sesuai Undang Undang Nomor: 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, tertulis bahwa arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Arsip juga dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan negara.

“Arsip memiliki manfaat yang sangat besar bagi semua unsur, karena arsip merupakan pelaksanaan informasi dan kegiatan yang di lakukan dimanapun dan kapanpun. Arsip perlu di kelola dengan baik sehingga arsip dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien,” ujar Hery.

Ia mengingatkan begitu pentingnya arsip dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa. Oleh sesab itu, diharapkan kepada pengurus AAI tingkat Wilayah Lampung yang baru saja dilantik dapat bekerja secara profesional.

AAI Wilayah Lampung, lanjut Hery, diharapkan ikut membantu Pemprov Lampung untuk memperkuat pengelolaan Arsip dan membenahi arsip ditempat tugas masing-masing.

“Lebih dari itu tentunya diharapkan kepada anggota AAI tingkat Wilayah Lampung kiranya dapat berperan aktif memberikan usul saran untuk meningkatnya peran fungsi lembaga kearsipan dalam menumbuhkembangkan arti pentingnya arsip bagi suatu lembaga atau organisasi. Baik di lingkungan pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan,organisasi politik, organisasi kemasyarakatan maupun perorangan,” katanya.

Usai menyaksikan pelantikan, Hery melakukan penandatanganan atas serah terima Aplikasi e-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dari Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Arsip Nasional RI, Andi Kasman kepada Pemprov Lampung.

Andi Kasman yang juga Ketua Pengurus Nasional AAI mengatakan Arsiparis adalah seseorang yang profesional dan harus memiliki kompetensi di bidang kearsipan melalui pendidikan dan atas pelatihan.

“Apakah arsiparis itu bekerja di pemerintahan, atau di luar pemerintahan, termasuk perorangan, jika memiliki kompeten di bidang kearsipan itu bisa di bilang arsiparis,” ujarnya.

Andi mengatakan kearsipan adalah menjadi salah satu prioritas nasional dalam RPJMN tahun 2015-2019. Ia menjelaskan salah satu tanggung jawab yang diberikan Pemerintah kepada pengguna kearsipan adalah bagaimana mengimplementasikan e-Arsip.

“Jadi tidak ada lagi yang namanya meninggalkan atau tidak terselesaikannya bentuk administrasi bila pimpinan berada di luar daerah. Jadi melalui gadget mulai dari surat sampai dengan disposisi atau penyusutan arsip bisa terlaksana. e-Arsip ini memudahkan dalam kerangka memberikan informasi yang terbuka maupun tertutup kepada publik,” katanya. (*)

 

#Inspiratif.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *