Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Buka Acara Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Eko Pramiswanto

LAMPUNG – Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Drs.M.Mansolihi Membuka secara resmi Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 Diruang Rapat Pakuwon Bappeda, Kamis 13 September 2018. Acara Tersebut Dihadiri Unsur Muspida, Forkopimda Dan peserta serta narasumber.

Dalam Sambutan Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Drs.M.Mansolihi Menyampaikan bangsa indonesia merupakan bangsa yang lahir karena kemajemukan dan perbedaan yang dipersatukan oleh kesadaran kolektif untuk hidup sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. perjuangan panjang bangsa untuk bersatu, diwarnai oleh kepahitan dan perjuangan fisik yang panjang dari generasi pendahulu bangsa untuk merdeka. bukan merupakan hal yang mudah bagi para pendiri negara (founding fathers) menyepakati pancasila, yang merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur bangsa, dan menetapkannya sebagai dasar negara. namun dengan niat luhur dan mengesampingkan kepentingan kelompok, agama maupun golongan, pada tanggal 18 agustus 1945, dalam sidang pertamanya, ppki telah menghasilkan kesepakatan untuk mengesahkan pancasila sebagai dasar negara dan uud negara republik indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi Negara.

Kemudian kegiatan ini dilatar belakangi oleh adanya kecenderungan melemahnya pengamalan nilai-nilai luhur pancasila ditengah masyarakat kita. secara perlahan simbolisasi pancasila dalam gambar, lagu, dan juga hapalan sila-sila pancasila semakin pudar dalam ingatan anak bangsa. adanya sebagian golongan yang senantiasa menuntut hak tanpa menyadari kewajiban yang harus ia tunaikan. semangat nasionalisme dan patriotisme yang dulu membara kini mulai surut. masyarakat kita lebih mengutamakan kepentingan golongan daripada kepentingan bangsa dan negara.

“Munculnya berbagai persoalan baik itu persoalan politik, hukum, sosial kemasyarakatan, bahkan konflik yang didasari karena idiologi dan sara, bukan tidak mungkin karena kurangnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. padahal jika kita senantiasa menempatkan pancasila sebagai falsafah hidup, maka berbagai persoalan tersebut, dapat semakin mudah untuk kita selesaikan. nilai-nilai pancasila sangat dibutuhkan sebagai dasar falsafah hidup masyarakat khususnya masyarakat kabupaten lampung barat. nilai-nilai pancasila adalah suatu sistem nilai yang bulat dan utuh yang terkandung dalam kelima sila dari pancasila meliputi nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan keadilan”,ujarnya.

Sementara itu dalam Laporan Ketua Penyelenggara Raswan,S.H.,M.M Menyampaikan Dasar Dari Penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah Peraturan Menteri Dalam negeri nomor 29 tahun 2011 tentang pedoman pemerintah daerah dalam rangka revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai pancasila. Keputusan bupati Lambar no.125/KPTS/lV/06/2018 tanggal 16 Januari 2018 tentang revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila kab.Lambar.

Selanjutnya tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kepada peserta bahwa keberadaan suatu organisasi adalah merupakan mitra pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan sehingga diperlukan peran sertanya sebagai sarana informasi dan komunikasi serta partisipasi demi tercapainya sasaran pembangunan baik ditingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Kemudian kegiatan dilaksanakan selama 1 hari hari Kamis tanggal 13 September dan peserta terdiri dari organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat sekabupaten Lambar. (*)

 

#Inspiratif.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *