Bersama Tim UNDP, Bapeda Lampura Targetkan 2030 Masyarakat Sejahtera

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Berkhin.S – Lampura

LAMPUNG – Dengan target kesejahteraan bagi masyarakat, Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Lampung Utara, bersama United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, lakukan analisa yang digelar di aula siger Pemkab Lampung Utara, Kamis 19 september 2018.

Dijabarkan, Ansye Sopacua, sebagai Tekhnikal Exvaiser SDGs, United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia. Saat itu, pihaknya melakukan kajian dan analisa terhadap berbagai indikator pembangunan suatu daerah. Dengan melihat berbagai kekurangan kelebihan yang bersentuhan langsung terhadap masyarakat.

“Kami melakukan presentasi hasil analisa yang dilakukan oleh universitas Pajajaran terhadap hal hal yang berhubungan dengan indikator SDGs atau TPB yang ada di Lampung Utara.” Jelas Ansye Sopacua, sebagai Tekhnikal Exvaiser SDGs, United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, kepada wartawan usai pertemuan, 19 september 2018.

Pihaknya dalam hal ini membantu Kabupaten Lampung Utara melalui Bapeda, melihat data yang telah didapat lalu dikuatkan analisis apa saja indikator yang akan nantinya diperbaiki.

“Kami bekerjasama dengan Bapeda melihat dari indikator TPB itu, kita lihat indikator, kita liat ada banyak perdebatan itu biasa, UNDP kami disini menggunakan data yang ada kami pakai lalu kami bikin analisa, kita survei ke masyarakat juga.” ucapnya.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), ini ditargetkan pada kurun waktu 12 Tahun mendatang Lampung Utara akan menjadi lebih baik tentunya dengan adanya dukungan dari masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Ini dilakukan agar pada tahun 2030 mendatang Lampung Utara menjadi lebih baik, analisa yang kita lihat itu 5 tahun kebelakang, salah satu penunjang ialah anggaran (Pemkab), dan dengan didukung program yang tepat yang langsung menghasilkan kemasyarakat.” pungkas dia, serta katakan bila saat itu dirinya hadir bersama Josua sebagai analisis serta Ari sebagai fasilitator.

Sementara, Kepala Bappeda Lampura H. Syahrizal Adhar mengatakan, kegiatan pemaparan TGB/SDGs ini memiliki dasar hukum peraturan Presiden RI Nomor 59/2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan berkelanjutan. Lalu MoU Gubernur Lampung dan United Nations Development Program(UNDP) Nomor:G/475/VI.01/HK/2017 tentang Implementasi TPB di Provinsi Lampung.

Agenda itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi Masyarakat, kemudian keberlanjutan kehidupan Masyarakat, kualitas lingkungan hidup, pembangunan yang menjamin keasilan dan terlaksananya tata kelola.

“Kabupaten Lampura merupakan salah satu dari tiga Kabupaten yang menjadi Pilot Project MoU Gubernur Lampung dan UNDP. Untuk itu kita adakan pemaparan ini dengan melibatkan SKPD yang ada di Lampura,” tutur Syahrizal, Rabu 19 september 2018.

Keterangan Foto : Ansye Sopacua, sebagai Tekhnikal Exvaiser SDGs, United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, saat diwawancarai wartawan usai pertemuan, 19 september 2018.

 

#Inspiratif.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *