Oprasi Zebra 2018 Polres Lampura PN dan Kejari, Sinergi Sidang Ditempat

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Berkhin.S – Lampura

LAMPUNG – Sebagai bentuk transparansi Polres Lampung Utara bersama pengadilan Negeri (PN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat, lakukan operasi Zabra sidang di tempat terhadap pelanggar lalu lintas, Kamis 8 November 2018 di area Tugu Payan Mas.

Terdata dalam oprasi kali ini, sebanyak 43 berkas pengendara yang terdiri dari kendaraan roda empat (R4), roda enam (R6) dan sepeda motor. Dari jumlah tilang itu terkumpul hasil pelanggaran sebanyak Rp.2.375.000.

Kapolres Lampung Utara, AKBP. Budiman Sulaksono, mengatakan bahwa dilakukannya sidang ditempat sebagai bentuk keterbukaan transparansi terhadap masyarakat.

“Kita melakukan pemeriksaan kendaraan, Penindakan serta mempermudah mereka dengan melakukan sidang ditempat, kita koordinasi juga dengan Kejaksaan dan pengadilan, tidak mempersulit pengendara. Mudah mudahan harapan saya semua pengendara bisa mengikuti langkah ini (tertib lalu lintas).” Jelas AKBP. Budiman, Kapolres Lampung Utara, kepada wartawan, saat operasi Zabra, kamis 8 november 2018.

Masih dikesempatan yang sama, pihak pengadilan negeri Muhammad Faisal Zuhry, selaku hakim tilang, menyatakan, bahwa selama ini sidang tilang sudah melalui proses elektronik. Dimana pelanggar akan membaca hasil keputusan dipengadilan kemudian datang ke Kejaksaan guna membayar denda dan ambil barang buktinya.

” Dengan sidang tilang kali ini bentuk transparan, denda denda juga demikian (terlihat), dan juga menunjukkan Sinergi antara Kepolisian Kejaksaan dan Pengadilan. Kalau disini hakimnya juga bisa menasihati. Kebanyakan kalau sepeda motor tidak menghidupkan lampu kalau mobil tidak menggunakan Sabuk pengaman, mereka lupa mungkin.” Jelas Faisal, hakim tilang dikonfirmasi wartawan.

Disela sela operasi, dilakukan juga pemasangan stiker oleh AKBP. Budiman Sulaksono, didampingi anggotanya yang bertujuan pemberitahuan bahwa kendaraan tersebut sebagai contoh teladan yang baik bagi kendaraan yang lain. (*)

Keterangan Foto : Kapolres Lampung Utara AKBP. Budiman Sulaksono, saat memasangkan stiker terhadap pengguna motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *