Eksploitasi Batu Bara Mesuji, Bakal Tengelamkan Kecamatan Pancajaya

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Adien Apri Alwi

LAMPUNG – Setidaknya tiga perempat luas atau Tiga desa dari Tujuh Desa yang ada wilayah kecamatan pancaya Jaya Kabupaten Mesuji bakal musnah jika Eksploitasi Tambang batu Bara yang telah dapatkan rekomendasi dari pemerintah Provinsi Lampung dilakukan.

Menyikapi hal ini Camat Pancajaya Taufik Widodo mengatakan dengan keluarnya izin tersebut pihaknya telah melakukan langkah-langkah sosialisasi kepada masyarakat Kecamatan Pancajaya, untuk tidak memberikan lahanya kepada perusahaan yang akan melakukan penambangan.

“Kuncinya  ada dimasyarakat sebagai pemilik lahan,untuk itu langkah kami hanya melakukan sosialisasi dampak jika masyarakat menyerahkan lahanya keperusahaan untuk dilakukan penambangan,dengan luas 3 ribu hektar lebih maka kami pastikan Tiga Perempat Luas Kecamatan Pancajaya tinggal cerita,”terang Taufik.

Hal yang sama dikatakan Camat Tanjung Raya Anwar Pamuji, bahkan Camat Tanjung Raya telah berkoordinasi dengan Kepala desa,diwilayahnya yang dimungkinkan menjadi incaran perusahaan.

“Memang beberapa desa di Kecamatan Tanjung Raya beberapa waktu lalu dilakan penelitian terkait kandungan batu bara bawah tanah.dengan terbitnya izin dari Pemprov, kami langsung undang kepala Desanya agar juga melakukan sosialisasi ke masyarakat agar tidak mudah memberikan lahanya,”papar Anwar.

Walau sebenarnya hingga saat ini pihak perusahaan uang telah mengantongi izin ekspolitasi Batu bara di perut Bumi Kabupaten Mesuji belum sejengkalpun menguasai lahan di e Kecamatan Tanjung Raya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *