Tampil Di TMII, Cerita ‘Pertempuran Laut Lebu’ Masuk Nominasi Terbaik

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Berkhin.S – Lampura

LAMPUNG – Mewakili Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Utara, ikuti Karnaval Keprajuritan Nusantara di Tugu Pancasila Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu 11 November 2018.

Dalam Karnaval Keprajuritan Nusantara Lampung Utara mengrimkan 75 orang dari Sanggar Cangget Budaya dibawah binaan Ketua TP-PKK Lampura Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, pihaknya pula didampingi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora).

“Dalam Karnaval ini Lampung Utara menampilkan pertunjukan ‘Pertemuan di Laut Lebu’, yang menceritakan tentang dendam sembilan bersaudara ‘Siwo Mego’, ” ujar Nani Rahayu, Kabid Kebudayaan Disdikbud Lampura, melalui pesan ponselnya, Minggu 11 November 2018 sore.

Dikatakan Nani, tujuan mengikuti Karnaval ini untuk menunjukkan bahwa Lampura ini terdapat cerita keprajuritan Nasional, kemudian untuk memperkenalkan bahwa Lampura juga memiliki sejarah tentang Kepahlawanan. Disamping itu untuk memberikan sumbangan Prestasi untuk Lampura ketika ditingkat Nasional. “Kita berharap Kabupaten Lampung Utara masuk dalam nominasi ditingkat Nasional.
Karena dalam Karnaval ini tidak ada juara I, II dan III hanya Nominasi,” jelasnya.

Dalam Karnaval ini diikuti pelajar dan Mahasiswa, semua peserta menceritakan tentang dendam bersaudara Siwo Mego atas kematian ayah mereka yaitu Datu Dipunca yang ditinggal kepalanya oleh Raja di Laut. Tim Kesenian Lampung Utara mewakili Provinsi Lampung berhasil memperoleh Penghargaan dalam Kategori 5 Penyaji Terbaik dalam Karnaval Keprajuritan TMII 2018.

“Alhamdulillah mewakili Lampung, Kabupaten Lampura kembali diperhitungkan ditingkat Nasional. Lampura masuk dalam Kategori 5 Penyaji Terbaik dalam Karnaval Keprajuritan di TMII,” pungkasnya. (*)

Keterangan Foto : Kabid Kebudayaan Disdikbud Lampung Utara Nani Rahayu (kanan), didampingi Kasubag UP Yeni Sulistina, saat menunjukan piagam nominasi. (Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*