*Rilis Humas Darmajaya

LAMPUNG – Ratusan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya antusias mengikuti Kuliah Umum Jurusan Sistem Informasi di Aula Rektorat Kampus Darmajaya, Rabu 14 November 2018.
Mengusung tema empowering millenial innovation through convergence of iot-big data and cloud, kegiatan ini menghadirkan Joko Triloka, PhD sebagai pembicara.
Lulusan Universiti Brunei Darussalam ini mengatakan, Internet of things adalah sebuah gagasan untuk menjadikan benda-benda fisik saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan internet. Hal ini memungkinkan sebuah benda dapat dimonitor dan dikendalikan dari jarak jauh.

“Sejak teknologi IoT berkembang secara luas, berbagai aktivitas manusia dan gejala alam mampu terekam dan menghasilkan data-data dalam format digital. Semakin lama, data-data tersebut membentuk sebuah himpunan yang sangat besar, sangat variatif, sangat cepat pertumbuhannya dan tidak terstruktur sehingga memerlukan teknologi khusus untuk mengelolanya. Dari sinilah kemudian muncul teknologi Big Data,” ujar dosen IIB Darmajaya ini.

Founder of Indonesian Motion Tracking System Community ini menambahkan, IoT memungkinkan data-data didapat secara realtime melalui sensor yang terpasang di perangkat untuk selanjutnya dianalisa oleh Big Data.

“Semakin banyak data akurat yang didapat dari perangkat IoT, semakin besar pula kemungkinan data-data tersebut diolah Big Data untuk selanjutnya menghasilkan data-data yang mendalam dan analitik. Data-data itulah yang akan menjadi acuan untuk menentukan langkah strategis dalam pengambilan keputusan,” terangnya.

Menanggapi Kuliah Umum ini, Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Sriyanto, S.Kom., M.M. mengungkapkan masing-masing jurusan di Fakultas Ilmu Komputer Darmajaya rutin menggelar kuliah umum setiap semester termasuk jurusan Sistem Informasi.

“Kegiatan ini diperlukan dalam rangka menimba ilmu, menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa. Materi yang dibahas pun berbeda-beda sesuai dengan trend IT yang tengah update, dan paling dibutuhkan mahasiswa,” ungkapnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, mahasiswa jurusan Sistem Informasi dapat terbuka wawasannya, termotivasi dan mendapatkan inspirasi untuk melakukan penelitian, menciptakan sebuah karya dibidang IT dengan penerapan IoT, Big Data dan cloud sebagai solusi dalam pemecahan masalah di sekitar dan bermanfaat bagi masyarakat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*