*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Wardi Saputra-Tuba Barat.

LAMPUNG – Usai Lantik dan ambil Sumpah Jabatan Kepala Tiyuh Terpilih di Kecamatan Tumijajar, Bupati Tulangbawang Barat kembali lantik serta ambil Sumpah Jabatan Kepala Tiyuh Terpilih di Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Setempat, Rabu 14 November 2018 sekira Jam 14:00 WIB di Balai Tiyuh Pulung Kencana.

Hadir dalam Pelantikan Kepala Tiyuh tersebut, Bupati Tulangbawang Barat berserta Wakilnya, Beberapa KA. Satket Pemkab Setempat, Camat Tulangbawang Tengah, Ibu PKK Kabupaten,Kecamatan dan Tiyuh.

Dalam Sambutannya, Umar Ahmad Bupati Tulangbawang Barat menyampaikan, Ada Tiga Kepala Tiyuh di Kecamatan Tulangbawang Tengah yang akan dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

“Dalam Pemilihan Kepala Tiyuh serentak Pada 10 Oktober 2018 yang lalu, Tiyuh Pulung Kencana dimenangkan Hendarwan, Tiyuh Bandar Dewa dimenangkan oleh Anwar dan di Tiyuh Menggala Mas Sulminadi, jadi hari ini ketiga Kepala Tiyuh itu dilantik serta diambilnya,” Jelas Umar Ahmad.

Orang Nomor Satu di Kabupaten Tulangbawang Barat tersebut juga menuturkan, Tugas dan tantangan seorang KepalaTiyuh saat ini semakin berat dan kompleks, karena harus dapat menjalankan fungsi sebagai pemimpin formal dan informal, dan juga harus menjalankan roda pemerintahan di tiyuh yang dipimpinnya.

“Sebagai pemimpin informal, seorang Kepala Tiyuh harus dapat menyatu dalam sistem sosial budaya masyarakat setempat, yang berarti pula harus dapat menyelami adat istiadat yang dianut oleh masyarakat, selain itu, sebagai pemimpin formal, seorang Kepala Tiyuh harus mampu menyelenggarakan manajemen pemerintahan dan pembangunan yang modern, aspiratif, transparan, efektif, efisien, dan akuntabel,”Tutur Umar Ahmad.

Lebih Jauh, Umar Ahmad juga memaparkan, Tidak dapat dipungkiri bahwa Kepala Tiyuh selain dituntut memiliki kemampuan manajerial, juga harus memiliki berbagai pengetahuan dan kemampuan teknis, sehingga akan mampu melaksanakan tugas dan fungsi yang diemban secara baik, tidak hanya pada aspek-aspek yang menyangkut hubungan sosial kemasyarakatan di wilayah masing-masing, tetapi juga dalam hal pelaksanaan administrasi pemerintahan dan pembangunan.

“Hal lain yang tidak kalah penting, yaitu seorang Kepala Tiyuh harus dapat membaca serta mengikuti kebijakan dan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah, sehingga keberadaannya akan mampu menjadi pilar keberhasilan pelaksanaan visi dan misi daerah,”Tutup Umar Ahmad. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*