Cerdaskan Anak Bangsa, Kapolres dan Disdikbud Lampura Tandatangani MoU

*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Berkhin.S

LAMPUNG – Dengan tujuan tertib hukum, Kepolisian Resort Lampung Utara bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, UPTD Wilayah IV dan PGRI di Lampung Utara, lakukan penandatangani Nota kesepahaman di Gedung Korpri daerah setempat Selasa, 4 Desember 2018.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suwandi, menerangkan, diadakannya penandatanganan MoU ini untuk menjalin kerjasama kelembagaan dalam mendukung program penguatan pendidikan karakter, bagi pelajar dalam tiap jenjang satuan pendidikan.

Terutama dalam menjaga keselamatan dalam berlalulintas maupun dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor.

“Saya berharap dengan ditandatanganinya MoU ini mampu menciptakan Pelajar yang secara sadar mampu mengimplementasikan etika dan budaya berlalulintas serta, mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap bahaya Narkoba. Dan terjalinnya kerjasama dalam hal perlindungan dan penanganan hukum bagi profesi Guru di Lampura.” ujar Suwandi Selasa, 4 Desember 2018.

Nota kesepahaman antara Polres Lampura dengan PGRI tentang perlindungan hukum dan profesi. Lalu nota kesepahaman antara Polres Lampura dengan Disdikbud Lampura tentang pendidikan lalu lintas pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada satuan PAUD, SD dan SMP di Lampura.

Kemudian nota kesepahaman antara Polres Lampura dengan Disdikbud Lampura tentang pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan peredaran Narkotika dan prekursor Narkotika pada SMP di Lampura.

“Kemudian ditantangani juga Nota kesepahaman dengan UPTD Wilayah IV Lampung tentang pendidikan lalulintas pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan pada satuan Pendidikan SMA. Serta pemberantasan peredaran Narkotika untuk SMA sederajat di Lampura,” jelasnya.

Sementara itu Kapolres Lampura AKBP Budiman Sulaksono S.I.K., menyatakan, lalulintas merupakan urat nadi perekonomian suatu negara. Karena itu pemeliharaan Kamseltibcarlantas sangatlah penting dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas.

Karena ini semua merupakan suatu cermin keberhasilan dari pembangunan peradaban modern saat ini. Karena itu Polri khususnya Polantas bersama Stake holder dan Pemerintah bertanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan Masyarakat terhadap keselamatan berlalulintas sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 22/2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan.

Sehingga perlu adanya terobosan yang implementatif dan tepat sasaran terkait keselamatan berlalulintas merupakan salah satu kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pendidikan lalulintas di sekolah memiliki beberapa tujuan yakni agara generasi muda secara sadar mampu mengimplementasikan nilai etika dan budaya berlalulintas yang aman, santun, selamat, tertib dan lancar yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari,”paparnya.

Ditempat yang sama Bupati Lampura Hi. Agung Ilmu Mangkunegara diwakili oleh Asisten I Yuzar menuturkan, pada hakekatnya masa depan anak merupakan masa depan bangsa dan negara. Karena itu seluruh stake holder berkewajiban memberikan keberpihakan bagi kualitas anak-anak.
Dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Baik secara optimal, fisik, mental, kognitif, spiritual maupun sosial, melalui pengasuhan di dalam lingkungan yang melindungi dari segala macam bahaya. Mulai dari terpaparnya pengaruh penyalah gunaan narkoba serta bahaya keselamatan jiwa dalam tertib berlalulintas. “Saya berharap dengan ditandatanganinya Nota kesepahaman ini kita semua dapat mengalamlkan jati diri kita sebagai pejuang Pendidikan,” harapnya.(*)

Keterangan Foto : Kapolres AKBP.Budiman Sulaksono, bersama Kadisdikbud Lampung Utara Suwandi, Usai Tandatangani MoU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *