IIB Darmajaya Tuan Rumah Konferensi Internasional Tiga Negara 2020

*Rillis Humas Darmajaya

LAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya akan menggelar konferensi Internasional pada tahun 2020.
Rektor IIB Darmajaya Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA, MSc menerangkan konferensi internasional akan digelar berkolaborasi dengan tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Filipina. “Konferensi ini juga akan terindeks Scopus dengan dihadiri oleh peserta dari seluruh negara Asean,” ungkapnya Senin, 14 Januari 2019.

Ia melanjutkan konferensi digelar kerjasama dengan University of Malaysia Perlis (UniMAP). “Tahun ini (2019) Filipina menjadi tuan rumahnya dan sebelumnya tahun lalu (2018) sudah dilaksanakan di Malaysia. Kita senang bisa menjadi tuan rumah pada tahun 2020,” bebernya.

Pendidikan tinggi kini, lanjut Rektor, menjadi jenjang memperoleh ilmu pengetahuan yang selalu dituntut mengikuti perkembangan teknologi. “IIB Darmajaya terus melakukan inovasi untuk menjawab tantangan global dengan eranya generasi X dan Y,” ujarnya.

Rektor menjelaskan digelarnya konferensi internasional juga bertujuan untuk memublikasikan penelitian para peserta yang memiliki kompetensinya masing-masing demi kemajuan pendidikan dan teknologi di Indonesia. “Diharapkan peserta dapat menyiapkan paper-paper terbaiknya dari sekarang,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV IIB Darmajaya Prof. H. Zulkarnain Lubis, MS., PhD, mengatakan kerjasama dengan UniMAP dilakukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia terutama Provinsi Lampung. “Sebelumnya IIB Darmajaya juga lakukan kerjasama pembukaan kursus bahasa Korea dan Mandarin. Ini langkah yang baik untuk perkembangan pendidikan kedepannya,” ungkapnya.

Menurutnya, konferensi internasional akan menjadi gelaran untuk mengembangkan jaringan akademik terutama tenaga pendidik. “Bahasa, budaya, dan teknologi akan menjadi pembahasan dalam konferensi internasional,” terangnya.

Dia menambahkan paper yang dipresentasikan akan diindeks sehingga sangat menguntungkan bagi peserta konferensi internasional. “Konferensi internasional juga akan menjadi share informasi bagi sesama peserta maupun stakeholder terkait,” tutupnya.

Untuk diketahui, kesepakatan rencana konferensi internasional setelah melakukan meeting via video conference bersama UniMAP pada Kamis, 10 Januari 2019 di ruang Information Acces Center (IAC) IIB Darmajaya. Dihadiri oleh Kepala Biro Humas, Kerjasama, Pemasaran, dan International Office (HKPI), Novita Sari, S.Sos., MM., Kepala Bagian International Office IIB Darmajaya, Anggi Andriyadi, SKom., M.T.I. dan Koordinator Darmajaya Language Center (DLC) M Sahli Romdhon S.Pd bersama Deputy Director Centre for International Languages (CIL) UniMAP Dr. Rozilawati Binti Mahadi dan Director Centre for International Languages (CIL) UniMAP Dr. Sharmini Abdullah.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*