Warga Makassar Cabut Paku dan Logam dari Pohon

Foto : Ilustrasi

MAKASSAR — Sejumlah warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan memperingati hari sejuta pohon sedunia dengan menggelar aksi mencabut logam, paku, atau material lain (seperti keramik) yang dipaku ke batang pohon atau biasa disebut tree spiking. Aksi ini memberi pesan bahwa tree spiking akan memberi dampak buruk kepada lingkungan khususnya pohon.

Aksi ini digelar di sepanjang Jalan Ratulangi hingga Jalan Jendral Sudirman, Kota Makassar, Minggu 13 Januari 2019, kemarin mulai pukul 06.00 Wita. Aksi Cabu Paku Pohon ini juga diikuti oleh seluruh volunteer Earth Hour Makassar dengan berkolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, The Body Shop, Kutu Air Shop, Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI), dan Rumah Kepemimpinan.

“Tindakan spiking ini justru berdampak pada kehidupan pohon. Kekuatan kayu pohon akan berkurang karena pohon mudah terinfeksi penyakit seperti jamur dan bakteri,” kata seorang peserta aksi, Ervin saat ditemui di lokasi aksi. (detik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*