* Rilis Diskominfo Lamsel – Tanjung Bintang

LAMPUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Kecamatan (Musrenbangcam) yang dipusatkan di Lapangan Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang, Rabu 13 Februari 2019.

Berbeda dari tahun sebelumnya, selama pelaksanaan Musrenbangcam kali ini, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lampung Selatan membuka pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Mulai dari pelayanan data kependudukan, seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Kematian, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan hewan (vaksin dan inseminasi), hingga pelayanankonsultasi pola asuh anak dan KDRT.

Berdasarkan pantauan di lapangan, posko pelayanan publik itu menjadi pusat perhatian masyarakat. Seperti posko Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang menjadi favorit masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Lampung Selatan, Edy Firnandi mengatakan, masyarakat sangat antusias dengan dibukanya pelayanan publik tersebut.

Hal itu terlihat dengan banyaknya masyarakat yang mendaftar untuk mendapatkan pelayanan data kependudukan. Dihari ketiga pelaksanaan Musrenbangcam tercatat sudah 435 orang mendaftar.

Edy mengungkapkan, khusus di Kecamatan Tanjung Bintang, pihaknya sudah mencetak KTP sebanyak 238 keping, dan KK sebanyak 138 lembar.

“Hari ini kami kekurangan blangko, jadi kami minta dikirimkan dari kantor di Kalianda,” ujar Edy.

Edy menambahkan, semua jenis pelayanan itu ada di satu titik lokasi kegiatan Musrenbang, yang dibuka pada saat pelaksanaan Musrenbang di 17 kecamatan. Untuk itu dia mengimbau, bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan agar menyiapkan persyaratannya.

“Dengan dibukanya pelayanan ini, masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor kami di Kalianda. Cukup bawa fotocopy Kartu Keluarga kita layani di lokasi,” kata Edy.

Sementara itu, Tina salah satu warga setempat mengaku sangat senang dengan adanya pelayanan langsung itu. Menurutnya, ia tidak perlu jauh-jauh datang ke Kota Kalianda untuk mengurus dokumen kependudukan.

“Apalagi Pak Bupatinya sampai malam di setiap Musrenbangcam, jadi waktu kami untuk silaturahmi dan menyampaikan aspirasi panjang,” kata Tina. (kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*