*Rillis Humas Darmajaya

LAMPUNG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Perhimpunan Mahasiswa Hindu (Permadu) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya kembali akan menggelar parade budaya 4, Minggu 31 Maret 2019 mendatang.

Adapun Parade Budaya keempat ini mengangkat tema ‘Mari Kita Wujudkan Karakter Generasi Milenial yang Memiliki Jiwa Toleransi untuk Menyatukan Perbedaan dalam Suatu Kebudayaan’. Delapan perlombaan akan meramaikan parade budaya keempat UKM Permadu IIB Darmajaya.

Ketua Umum UKM Permadu IIB Darmajaya, Wayan Kastawan mengatakan Parade budaya akan dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2019. “Tujuan melaksanakan kegiatan parade budaya ini untuk melestarikan dan menumbuhkan minat generasi muda Hindu terhadap seni dan budaya serta dapat mengasah pengetahuan, dan keterampilan mengenai seni dan budaya Bali itu sendiri,” ungkapnya.

Delapan perlombaan yang akan memeriahkan Parade Budaya yakni Tari, Fashion Show, Sloka, Dharmawacana, Lomba Cepat Tepat (LCT), Videografi, Jegeg Bagus Parade Budaya, dan Khirtanam. “Di parade budaya 4 kali ini ada jumlah penambahan cabang perlombaan yaitu videografi.”

Tahun ini, kata dia, untuk pemenang cabang perlombaan Jegeg Bagus Parade Budaya 4 akan kita jadikan ikon untuk parade budaya selanjutnya. “Jadi setiap pemenang Jegeg Bagus Parade Budaya akan kita jadikan ikon untuk parade selanjutnya, untuk di parade budaya 3 sebelumnya tidak ada,” bebernya.
Menurut Wayan, perlombaan yang digelar dengan kategori tim dan perorangan. “Lombanya ada pertim dan perorangan. Kalau sekarang kurang lebih baru 15 tim yang sudah konfirmasi daftar,” tuturnya.
Mahasiswa Teknik Informatika ini menjelaskan untuk target sebanyak 700 peserta yang akan mengikuti parade budaya keempat. “Untuk yang mau daftar bisa langsung hubungi no humas 085840860096 atas nama Nyoman Anggri atau bisa juga langsung datang ke sekretariat UKM Permadu,” ujarnya.

Wayan berharap dengan kegiatan Parade Budaya keempat ini dapat melestarikan seni dan budaya Bali. “Dengan Parade Budaya keempat ini mampu membangun kebersamaan dan membangun kreativitas generasi muda Hindu terkhususnya. Dan yang paling penting yaitu meningkatkan rasa persaudaraan dan memperkokoh hubungan yang baik dengan masyarakat, dan pemuda pemudi Hindu se-Lampung,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Rektor III IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., mengatakan kegiatan parade budaya UKM Permadu sangat bagus dalam melestarikan budaya Indonesia terutama Bali. “Pelestarian budaya merupakan bagian dari identitas diri keanekaragaman Indonesia. Kita sangat mendukung kegiatan parade budaya karena bagian dari program kerja UKM Permadu,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*