*Rillis Humas Darmajaya

LAMPUNG — Tugas seorang pendidik atau pengajar tidak berbeda dengan jurnalis ataupun wartawan. Hal itu dikatakan Wakil Rektor IV Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Prof. Ir. H. Zulkarnain Lubis, M.S., Ph.D, dalam Diklat Kehumasan Tenaga Pendidik SD dan SMP se-Kota Bandar Lampung, Kamis 14 Maret 2019.

Diklat Kehumasan diselenggarakan atas kerjasama PWI Lampung, Pemkot Bandar Lampung dan IIB Darmajaya ini digelar di Aula Gedung Alfian Husin, Lantai III Kampus biru itu, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Prof. Zulkarnain Lubis, yang hadir sebagai pemateri dalam Diklat Kehumasan itu juga mengatakan bahwa tidak jauh berbeda dalam tugas wartawan dan pengajar ataupun pendidik. Alumnus IPB ini menjelaskan sivitas akademika dan jurnalis memiliki banyak kesamaan dalam menjalankan tugasnya.

“Dosen atau akademisi tugasnya mencari data dikumpulkan, dianalisis, disimpulkan dan ditulis lalu dilaporkan. Wartawan mencari, mengumpulkan, mengolah dan menuliskan hasil investigasi. Tujuannya mengungkap dan menyebarkan kebenaran,” kata Prof. Zulkarnain Lubis yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya itu.

Kedua komunitas ini, lanjut dia, harus berkolaborasi untuk saling menguatkan dan menunjang. “Keduanya bertugas untuk mencerdaskan masyarakat. Oleh karena itu, pers disebut Pilar Keempat Demokrasi,” ujarnya.

Namun, kata Prof. Zul (panggilan akrabnya), media harus bersifat independen dan tak memihak untuk tegaknya informasi yang memiliki kebenaran. “Kalau sudah tidak netral maka media tersebut tidak mencerdaskan masyarakat, tapi media yang bersifat untuk kepentingan sesaat,” kata dia.
Prof. Zul menambahkan dibutuhkan dosen wartawan dan wartawan dosen untuk saling menunjang. “Guru wartawan dan wartawan guru sebagai pencerdasan di sekolah. Siswa wartawan juga bisa membuat pelajar aktif menulis karena dengan menulis dapat menyebarkan informasi yang benar,” kata dia.

Diklat Kehumasan juga dihadiri ratusan tenaga pendidik SD dan SMP se Kota Bandar Lampung sebagai peserta. Kegiatan itu juga dihadiri Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung Iskandar Zulkarnain, Kepala Sekolah Jurnalisme Indonesia Lampung Andi Panjaitan, Munazir, dan Zahdi Basran sebagai pemateri.

Sebelum pelaksanaan Diklat juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IIB Darmajaya dengan PWI Lampung dan antara PWI Lampung dengan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, terutama dalam kerjasama pengabdian kepada masyarakat. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*