Laporan Team Inspiratif.co.id,

Lampung-Sudah berjalan Dua Bulan Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) Mandiri Kabupaten Tulangbawang Barat yang Gadang-gadang memproduksi Ayam Kampung (Mano Q) Unggulan tidak beroperasi Lagi. Selasa, 10 April 2019.

Hal tersebut terlihat Saat Team Insipratif.co.id meninjau langsung ke Lokasi pemberdayaan Mano Q tersebut, baik di Lokasi Kandang Indukan hingga tempat Penetasan Telur sudah dalam keadaan kosong tidak terisi satu ekorpun Ayam dan Telur.

Dijumpai dikandang Indukan Mano Q, Putra selaku Karyawan dan sekaligus pemelihara Kandang tersebut menuturkan, Kandang indukan Saat ini memang sudah kosong tidak ada isi ayam lagi.

“Sudah Dua Bulanan lebih mas kandang ayam ini kosong, Lokasi ini baru saja dibersihkan karena katanya sudah mau diisi indukan baru yang saat ini masih dipelihara dikandang Komplek SMKN 01 Tulangbawang Tengah,”Tutur Putra pada Selasa, 10 April 2019 sekira pukul 11-00 WIB.

Saat dipertanyakan jumlah Indukan Ayam yang lama dan jumlah produksi ayamnya apakah benar menghasilkan sesuai dengan yang digadang-gadang mencapai sekitar 5000an Ekor Ayam Per/minggu, Putra menjelaskan bahwa untuk indukan ada sekitar 2000 Ekor ayam saja dan Kalau jumlah produksi atau jumlah telur yang dihasilkan sekitar 400-500an Per hari.

“Itupun tidak bisa menetas semua mas, hanya sekitar 70% dari jumlah telur ayam yang ada, itu sudah paling hebat kalau ditotalin dalam satu minggu Paling-paling sekitar 3000an ekor sajalah lebih kurangnya tidak sampai 5000an anak Ayamnya.”Jelas Putra.

Disinggung keberadaan Indukan ayam yang lama tersebut, Putra memaparkan bahwa Indukan ayam itu sudah dijual semua.

“Katanya Indukan ayam itu sudah tua mas, jadi tidak layak lagi untuk memproduksi Telur, maka sudah dijual semua dan akan diganti dengan Indukan yang baru,”Tutup Putra.

Sayangnya saat akan hendak dipertanyakan lebih lanjut terkait BUMT Mandiri tersebut, Kantor dalam keadaan kosong tidak ada penghuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *