• Diskominfo Lamsel

SRAGI – Desa Marga Jasa, Kecamatan Sragi terpilih mewakili Kabupaten Lampung Selatan dalam lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tingkat Provinsi Lampung tahun 2019.

Tim penilai Provinsi Lampung yang diketuai Dra. Sulasih, MM melakukan verifikasi penilaian di Balai Desa Marga Jasa, pada Kamis 11 April 2019.

Pantauan tim Diskominfo Lamsel, tiba dilokasi sekitar pukul 09.50 WIB, Ketua Tim Penilai Sulasih beserta anggota disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Ir. Fredy SM, MM bersama Ketua Dharma Wanita Siti Fatimah Fredy dan sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Kemudian, Ketua Tim Penilai Sulasih bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Fredy SM diarak menaiki Singa Barong menuju lokasi panggung utama acara berlangsung.

Dalam sambutannya, Fredy mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan penilaian lomba BBGRM dan Bumdes tingkat Prvovinsi Lampung tahun 2019, diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan serta peran aktif masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dan rasa tanggungjawab terhadap hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan, dan akan dapat memberikan andil pada upaya membangun masyarakat Lampung Selatan menuju terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

“Saya juga berharap dengan adanya penilaian lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Badan Usaha Milik Desa ini, kita dapat meningkatkan partisipasi keluarga, dan semangat gotong royong dalam mewujudkan masyarakat yang berintegritas dan mandiri,” ujar Fredy.

Oleh karena itu, dengan adanya evaluasi dan penilaian itu, menurut Fredy, akan dapat dijadikan sebagai barometer terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan yang ada di desa-desa.

Sebab katanya, berbagai kekurangan bisa diketahui dan akan diperbaiki dan disempurnakan. Demikian pula keberhasilannya akan dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.

“Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada, kiranya tim penilai berpendapat, bahwa Desa Marga Jasa Kecamatan Sragi ini, telah siap dan layak untuk menjadi juara Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Badan Usaha Milik Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019,” katanya.

Sementara, menyampaikan sambutan Gubernur Lampung, Sulasih mengatakan, tujuan pemerintah melaksanakan lomba itu adalah sebagai tolak ukur dalam melihat efektifitas pembangunan desa melalui pemberdayaan masyarakat, kepedulian, dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan.

”Dengan adanya lomba yang sangat bermanfaat ini, diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat. Serta meningkatkan peran aktif kemiteraan masyarakat dengan pemerintah dan meningkatkan rasa memiliki dan tanggungjawab terhadap hasil pembangunan,” kata Sulasih.

Sulasih menambahkan, tujuan diadakanya lomba itu, juga untuk meningkatkan daya saing dan kreatifitas bagi pengelola Bumdes pada masing-masing desa.

”Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memupuk rasa solidaritas dan memotivasi kelembagaan Bumdes untuk bersinergi dengan Bumdes-Bumdes yang lain,” katanya. (az)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*