*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Andika Isma – Sulawesi Selatan

MAKASSAR – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi melaksanakan Lomba Debat Bahasa Inggris atau National University Debating Championship (NUDC) 2019 di Universitas Kristen Paulus Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 9-11 April 2019. Ada 40 perguruan tinggi dari PTN PTS yang berlaga dalam kompetisi ini. Setiap perguruan tinggi mengirimkan 2 orang debater dan 1 juri (N1). Mereka adalah Awal Ahmad F (Pendidikan Bahasa Inggris) dan Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana (Pendidikan Ekonomi) sebagai Debater dan Nurwilda (Pendidikan Matematika) sebagai perwakilan juri N1.

Kompetisi dilaksanakan dengan menggunakan sistem debat British Parliamentary System. Para peserta lomba bermain sebanyak 4 kali dibabak penyisihan. Setelah itu melangkah ke Babak Quarter Final round atau Babak 16 Besar. Kemudian di saring lagi menjadi 8 besar.

Perwakilan UNM ini berhasil lolos maju ketingkat nasional bersama dengan tujuh Perguruan Tinggi lainnya mewakili LLDIKTI WIL IX diantaranya, Universitas Hasanuddin, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Gorontalo, Universitas Tadulako, USN Kolaka, Universitas Haluleo, dan Universitas Muhammadiyah Makassar.

NUDC tingkat nasional akan dilaksanakan di Surabaya pada Juli 2019. Setiap perwakilan LLDIKTI akan bertanding kembali. Perguruan tinggi yang berhasil juara di tingkat nasional akan mewakili Indonesia dalam kompetisi debat tingkat Dunia World University Debating Championship (WUDC) di Thailand pada Januari 2020. Para perwakilan LLDIKTI WIL IX ini juga akan diberikan pembekalan (coaching) sebelum berlaga ketingkat Nasional pada Juni 2019 nanti,”

Pada kegiatan tersebut, delegasi UNM berhasil menyabet beberapa penghargaan diantaranya, Breaking 2nd dari 40 Universitas, Best N1 Adjudicator (Nurwilda), 3rd Best Speaker (Awal Ahmad F), dan 5th Best Speaker (Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana).

Salah satu speaker dari Delegasi UNM, Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana mengatakan, kami sudah berusaha dengan sangat maksimal untuk menampilkan yang terbaik. Alhamdulillah, akhirnya kami diberikan kesempatan untuk mewakili LLDIKTI WIL IX Sulawesi ke tingkat Nasional”.

Terima kasih yang sebesar-besarnya juga saya ucapkan kepada para senior (Coach) kami di NUDC UNM, Kemahasiswaan UNM, dan semua pihak yang telah membantu dan mengarahkan kami hingga bisa seperti saat ini”. Ucap Quin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *