Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Wardi Saputra-Lampung

Tubaba-Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Tulangbawang Barat nampaknya belum menetapkan siapa Calon Legislatif (Caleg) yang telah dinyatakan lolos ke kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat untuk menduduki Kursi Ketua DPRD. Selasa, 14 Mei 2019.

Diketahui, dengan memperoleh suara tertinggi pada Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Tulangbawang Barat yang memperoleh 7 kursi di Parlemen Pileg 17 April 2019 yang lalu, DPC PDI-Perjuangan Kabupaten setempat juga mencanangkan jika Kemenangan itu adalah Kemenangan Rakyat.

Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Tulangbawang Barat Ponco Nugroho belum mau berspekulasi siapa kandidat yang berpeluang menduduki kursi Ketua DPRD setempat, meskipun berdasarkan jumlah perolehan kursi pada Pileg 2019 di Tubaba kemarin, PDIP tercatat sebagai partai yang memperoleh kursi paling banyak yakni 7 kursi.

Yang mana perolehan suara diatas 34 ribu suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 hingga Dapil 4 dengan rincian yaitu Dapil 1 sebanyak 2 kursi, Dapil 2 dan 3 masing-masing 1 kursi, dan Dapil 4 sebanyak 3 kursi. Dengan demikian, partai besutan Megawati Soekarno putri itu berpeluang menggenggam kursi Ketua DPRD Kabupaten Tulangbawang Barat.

Ponco mengatakan, untuk menentukan calon ketua DPRD ada mekanisme yang berlaku di internal PDIP. Dijelaskannya juga, yang berhak menduduki kursi ketua DPRD itu merupakan sosok yang telah memenuhi syarat sesuai mekanisme partai.

“Belum bisa ditentukan mas, kita juga masih nunggu penetapan tanggal 22 Mei besok. Nanti melalui fit and proper test di pusat DPP,”ungkap Ponco via telponnya, Senin, 13 Mei 2019 malam kemarin.

Ponco yang juga lolos menjadi anggota legislatif di DPRD Tubaba yakni sebagai Caleg Incumbent ini belum mau berandai-andai saat ditanya peluang dirinya menduduki kursi Ketua DPRD, mengingat selain dia menahkodai PDIP di Tubaba Ponco juga selama lima tahun lalu menduduki Kursi Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Tubaba.

“Semua berpeluang, tapi belum bisa kita berandai-andai, nanti DPP yang menentukan, kita serahkan sepenuhnya kepada DPP, dan kita manut,”Ujarnya.

Meski demikian, Ponco Nugroho mengisyaratkan bahwa Caleg PDIP yang memperoleh suara terbanyak justru sudah sangat jelas bakal menduduki Kursi Ketua DPRD Tubaba itu.

“Perolehan suara terbanyak mungkin salah satu syaratnya,”tukasnya.

Ponco menegaskan, atas kemenangan tersebut bahwa PDIP di Kabupaten Tubaba masih mendapatkan posisi terbaik di hati seluruh elemen masyarakat.

“PDI Perjuangan siap bekerja sama dengan seluruh komponen. Kemenangan ini untuk memperkuat pembumian Pancasila sebagai ideologi negara guna mewujudkan Trisakti,”Imbuhnya.

Lebih jauh Ponco juga menuturkan akan tetap bersama-sama dengan kader partai bahkan tetap merangkul Caleg-caleg PDIP Kabupaten Tubaba yang masih belum memiliki kesempatan untuk duduk di kursi legislatif.

“Caleg-caleg kita yang tidak lolos tetap kita rangkul juga, sebab mereka telah berjuang dalam satu kekuatan gotong royong. Sekali lagi saya sampaikan, Kemenangan PDIP adalah Kemenangan Rakyat,”Tutup Ponco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*