*Laporan Wartawan Inspiratif.co.id, Andika Isma- Sulawesi Selatan

SINJAI – Visitasi adalah sebuah proses penilaian untuk melihat langsung secara fisik dokumen 8 Standar Nasional Pendidikan satuan lembaga atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat.

Sertifikat akreditasi merupakan salah satu bentuk pengakuan pemerintah terhadap kelayakan suatu lembaga pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan, adalah dengan terbitnya sertifikat peringkat kelayakan, berdasarkan dengan hasil penilaian asesor.

Sesuai surat tugas, asesor BAN-S/M Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Asesor 1, Dr. Agus Syam, M.Si. dan Asesor 2, Drs. Sugeng A. Karim, MT melakukan visitasi pada hari Rabu, 15 Mei 2019 di SMK Negeri 1 Sinjai.

Dr. Agus Syam, M.Si. Asesor 1 BAN-S/M Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan, visitasi tersebut adalah kunjungan ke Sekolah/Madrasah untuk melihat secara langsung dan memberikan penilaian peringkat kelayakan, melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah melalui pengisian instrumen akreditasi secara online (SisPenA).

Dari hasil kunjungan tersebut masing-masing asesor menyusun laporan individu yang memuat nilai dan catatan untuk masing-masing komponen, laporan individu tersebut dijadikan bahan untuk didiskusikan bersama-sama untuk menyusun laporan tentang pelaksanaan visitasi, Tutur Agus yang juga merupakan salah Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Dari berbagai komponen, aspek, dan indikator akreditasi sesuai dengan hasil verifikasi, validasi, dan pendalaman data serta informasi untuk menetapkan laporan akhir dan penentuan nilai akhir akreditasi suatu Sekolah/Madrasah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *