* Adien Apri Alwi-Lampung

Mesuji,–Pemerintah Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji menargetkan dapat mendeklarasikan diri sebagai kecamatan open defecation free (ODF) atau kecamatan yang warganya tak buang air besar sembarangan pada 2020 mendatang. Sabtu, 20 Juli 2019.

Hal itu guna mendukung Program Pemerintah Kabupaten Mesuji yang menargetkan untuk menjadi daerah ODF pada 2020 mendatang. Adapun hingga tahun 2019 ini di Kecamatan Panca Jaya, sudah ada dua dari tujuh desa disana yang mendeklarasikan diri sebagai Desa ODF. Yakni Desa Adi Luhur dan Desa Adi Mulyo, sedangkan lima Desa lainnya siap berkomitmen untuk segera menyusul.

Diungkapkan Camat Panca Jaya Prasetyo kala membuka sosialisasi ODF di GSG Puskesmas Rawat Inap Adiluhur, Menurutnya memang bukan hal yang mudah untuk mendeklarasikan Panca Jaya sebagai Kecamatan yang warganya tak buang air besar sembarangan.

Pasalnya masih ada 5 desa lagi di Panca Jaya saat ini yang belum mendeklarasikan diri. Sebagai Camat dia pun mengimbau para Kepala Desa yang wilayahnya belum lolos verifikasi sebagai desa ODF terus bekerjakeras.

“Diantaranya membuat target yang terarah dan terstruktur untuk mencapai kecamatan ODF, sehingga desa yang belum ini bisa secepatnya lolos,”Tandas pria yang akrab disapa Tio itu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *