* Penulis aisyahryn melalui Wartawan Inspiratif.co.id: Dadang Mas Bakar

Inspiratif.co.id, Makassar — Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sulawesi Selatan kembali melakukan kegiatan dialog dengan menggandeng aparatur kelurahan dan desa, tentang literasi informasi saring sebelum sharing yang telah dilakukan 23 provinsi di Indonesia.

Kegiatan dialog literasi informasi tersebut di mulai dari jam 08.00-17.00 wita yang berlangsung di Hotel Swiss-belinn Panakukang Makassar khususnya di ruangan Ballroom lantai 2 berlangsung dengan damai dan tentram.

Dalam lawatannya prof Arfin Hamid.,SH.,M.Si bersama PANGDAM, Kepala Kepolisian SULSEL juga Dr. Waspada Santing, M.Sos.,M.HI selaku ketua bidang informasi dan komunikasi FKPT dan di buka langsung kegiatan dialog ini oleh Dr. Andi Intan Dulung mewakili Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Prof Arfin Hamid selaku ketua umum FKPT SULSEL membeberkan bahwasannya kegiatan ini sangat perlu dilakukan terlebih penyadaran bersama untuk menjaga NKRI dari lintasan aparatur pemerintahan khususnya kelurahan dan desa yang terjun langsung lebih dekat dengan masyarakat dan beberapa praktisi media yang dilibatkan.

Lanjut Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Andi Intang Dulung dalam sambutannya mengatakan kaum perempuanlah yang sangat rentan terjerumus radikalisme terorisme maka perlu penguatan pemahaman yang jelas dan kuat untuk itu, serta dalam penyampaian materinya terkait strategis pencegahan terorisme di dunia maya mengatakan bahwa salah satu variabel yang mampu meredam kasus radikalisme yaitu memberdayakan kearifan lokal budaya.

Selain itu, Waspada santing.,M.Sos.,M.HI selaku narasumber kedua yang membahas tentang pengaruh struktur media sosial dalam bermedia mengatakan bahwa media online harus cerdas dalam mengelola pemberitaan, melakukan literasi bermedia dan berperan aktif dan maksimal melawan hoaks dan tidak menjadi bagian dari penyebar hoaks dengan tagline Saring sebelum sharing. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *