Firmansyah: Pengelolaan Sampah Tingkatkan Ekonomi Warga

* Rilis

BANDAR LAMPUNG – Bakal Calon Wali Kota Bandar Lampung Dr. (Can) Ir. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc. menerima kunjungan silaturahmi dari Yayasan Kreatif Bina Lingkungan, Kamis, 19-Maret-2020.

Pada kesempatan itu, Ketua Yayasan Kreatif Bina Lingkungan Efly Syam, S.E. mendiskusikan pengelolaan dan penanganan sampah kepada Firmansyah.

Efly Syam menjelaskan bagaimana pengelolaan sampah yang dilakukan yayasannya dengan cara membudidayakan maggot (ulat) sebagai pengurai sampah organik. Pengelolaan sampah organik yang dilakukan Yayasan Kreatif Bina Lingkungan juga telah dilakukan di Kota Depok, Jawa Barat,” kata Syam.

Yayasan Kreatif Bina Lingkungan, kata dia, memberdayakan RW dan RT untuk mengumpulkan sampah organik dan non-organik. Maggot berperan dalam mengurangi sampah yang menjadi makanannya.

“Kami berharap, pengelolaan samaph yang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat bisa dilakukan di Bandar Lampung,” kata dia.

Sementara, Calon Wali Kota Firmansyah, yang juga Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya itu mengatakan sampah menjadi permasalahan hampir di setiap daerah di Indonesia.

“Karena setiap hari dan setiap rumah pasti menghasilkan sampah yang tidak pernah berhenti. Dengan mengurangi sampah dan mengurainya juga menjadi salah satu hal yang efektif dalam mengatasi permasalahan sampah,” ungkapnya.

Konsep penguraian sampah dengan membudidayakan maggot dalam mengurangi sampah organik juga menjadi salah alternatif.

“Bandar Lampung yang memiliki TPA juga banyak menampung sampah. Dengan memanfaatkan sampah non-organik menjadi ecogreen seperti tas dan lainnya juga dapat dilakukan,” ujarnya.

Untuk sampah organik juga bisa dengan memanfaatkan maggot yang juga dapat diberdayakan warga dari tiap RT.

“Mereka tidak hanya mengurangi sampahnya sendiri tetapi juga dapat mendapatkan penghasilan dari menjual maggot. Maggot ini juga bisa dijadikan pakan ikan dan unggas sehingga ketika maggot panen yang diberi makan sampah organik dapat dijual,” kata dia.

Firman yang berpasangan dengan Prof Bustomi Rosadi dalam Pilkada Bandar Lampung ini akan mencoba untuk mempelajari konsep tersebut.

“Masukan dari Yayasan Kreatif Bina Lingkungan sangat baik dan dapat memberdayakan UMKM di Bandar Lampung,” tutupnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: