Firmansyah: UMKM Penggerak Ekonomi Rakyat

* Rilis

BANDARLAMPUNG – Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pembangunan juga sangat berpengaruh untuk kemajuan daerah.

Hal ini disampaikan calon Wali Kota Bandar Lampung Dr. (Can) Ir. Firmansyah Y Alfian, M.B.A., M.Sc., saat menerima kunjungan salah satu pelaku UMKM Laa_Qola (Lapis Kopi Legit) yang juga alumni IIB Darmajaya di ruang kerjanya Kamis 05-Maret-2020, kemarin.

Firmansyah mengatakan UMKM merupakan penggerak ekonomi rakyat. Awal dari UMKM merupakan industri rumahan yang berkembang besar hingga dapat menggerakkan ekonomi tempat tinggalnya.

“Seperti Laa_Qola ini juga sangat bagus dalam pengenalan usaha kuliner di Bandar Lampung,” ungkapnya.

Apalagi, kata dia, kuliner ini juga merupakan makanan asli daerah Lampung yakni Lapis Legit dan Kopi Lampung.

“Kita sangat mendukung berkembangan UMKM di Bandar Lampung. Selama ini kampus juga sangat aware kepada mahasiswa untuk berentrepreneur dengan memfasilitasi keinginan dan minatnya,” kata Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Lampung itu.

Banyak lulusan kampus biru yang tidak hanya berkecimpung dalam dunia kerja tetapi menjadi seorang entrepreneur. Hal ini, lanjut Firmansyah, sesuai dengan salah satu visi misinya yang akan mengembangkan UMKM di setiap kelurahan jika nanti dipercaya masyarakat Bandar Lampung memimpin kota Tapis Berseri ini.

“Selama ini, kuliner yang terkenal justru usaha artis yang bukan khas Lampung. Dengan adanya Lapis Legit Kopi Lampung, bisa menjadi oleh-oleh khas Lampung yang bisa mengangkat nama daerah Lampung,” kata dia.

Bang Firman panggilan akrabnya mengaku bangga dengan banyaknya lulusan kampus yang dipimpinnya saat ini, membuka usaha atau menjadi pengusaha sukses.  Kami sangat senang dan bangga dengan lulusan yang tidak hanya dapat diserap oleh pasar kerja tetapi juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Seperti Sri Wahono, Deni Yuharno, Dessy Listiana Senage dan masih banyak alumni lainnya yang berhasil,” bebernya.

Sebelumnya, Dessy Listiana Senage mengatakan bahwa merintis usaha Laa_Qola bersama rekan-rekannya.

“Usaha Lapis Kopi Legit ini juga mengenalkan makanan khas Lampung dan alhamdulillah masyarakat juga senang,” ucapnya.

Dalam memasarkan, kata Dessy, dirinya sangat terbantu oleh ilmu yang didapat ketika kuliah di IIB Darmajaya.

“Saat kuliah saya senang bisa mengenal usaha dan belajar banyak di kampus ini. Sekarang bisa sampai di posisi ini karena Darmajaya,” ujarnya.

Alumni Jurusan Teknik Informatika 2008 ini menjelaskan kepada masyarakat yang ingin memiliki dasar dalam berwirausaha dapat mempelajari dengan kuliah di Darmajaya.

“Darmajaya menjadi sangat spesial bagi saya karena membuka khasanah entrepreneur terutama dalam menumbuhkan semangat dan  memasarkan produk,” kata dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: