IIB Darmajaya dan IJTI Lampung Siap Jalin Kerjasama

* R. Humas IIB Darmajaya / Editor : Theresia Octa Melon – Lampung

BANDARLAMPUNG — Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Lampung siap melaksanakan kerjasama dengan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dalam bidang pengabdian dan pelatihan.
Hal itu terungkap dalam kunjungan silahturahmi antara pengurus IJTI Pengda Lampung dengan Rektor IIB Darmajaya Dr. (Can) Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc, di ruang Rektor, Rabu 16 -Januari- 2020.

Ketua IJTI Pengda Lampung Hendri Yansah mengatakan saat ini, anggota IJTI Lampung berjumlah 31 orang. Mereka terdiri dari jurnalis televisi swasta nasional dan daerah yang ada di Lampung.

“Anggota kami tidak termasuk televisi streaming, dan kami siap bekerjasama dengan perguruan tinggi termasuk IIB Darmajaya, baik dalam bidang pengabdian ataupun pelatihan,” kata Hendri.

Pada kesempatan itu, Rektor IIB Darmajaya Firmansyah didampingi Wakil Rektor 3 Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.

Sedangkan Pengurus IJTI Pengda Lampung yang hadir selain ketua, hadir pula Fitri Amalia (Wakil Ketua), Masmuroh (Wakil Bendahara) Pujiansyah (sekretaris), Ruslan AS (anggota).

“Apalagi, di IIB Darmajaya ada Darmajaya Computer & Film Club (DCFC) dan Prodi DKV. Selain sebagai jurnalis televisi, kami juga punya kewajiban berbagi ilmu kepada adik-adik mahasiswa di kampus biru ini. Semoga, dari pertemuan ini, akan terus terjalin kerjasama yang baik dengan Darmajaya-IJTI,” kata dia.

Sementara itu, Rektor IIB Darmajaya Firmansyah menyambut baik rencana kerjasama ini. Apalagi, kata dia, Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV), memang membutuhkan dosen-dosen praktisi yang ahli di bidangnya untuk berbagi ilmu.

“Banyak karya-karya mahasiswa Darmajaya, terutama di bidang film yang memang membutuhkan wadah kreasi. Dan, kami harapkan IJTI Lampung dapat memfasilitasinya,” kata Ketua Aptisi Wilayah II B-Lampung ini.

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Lampung ini juga mengatakan di Darmajaya memiliki Komunitas Film Mahasiswa Lampung yang pembinanya adalah Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim. Bahkan, kata Firman, pihaknya juga sudah berbicara kepada Wagub Lampung Chusnunia, agar perpustakaan daerah yang ada di seberang Darmajaya disiapkan juga studio mini.

Dimana, studio mini itu bisa dijadikan wadah kaum muda dan mahasiswa Lampung untuk berkumpul membicarakan kreativitas dan menampilkan karya-karya anak muda Lampung,” kata mantan anggota DPRD Lampung ini.

Sedngkan anggota IJTI Ruslan AS menjelaskan, pihaknya ingin memberikan pelatihan tentang multimedia kepada mahasiswa IIB Darmajaya.

“Tapi, bukan hanya pelatihan multimedia dan jurnalistik yang akan kami berikan, kami juga akan memberikan pemahaman kepada teman-teman mahasiswa tentang hukum pers. Jangan sampai, karya yang dihasilkan melanggar undang-undang IT,” kata Jurnalis I News itu.

Paling tidak, kata Ruslan, saat pelatihan bisa diikuti sekitar 50 mahasiswa yang akan dibagi dalam beberapa kelompok.

“Kita berharap juga mahasiswa bisa menjadi conten creator, dan bisa membentuk rumah produksi bekerjasama dengan IJTI,” kata dia. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: