Sulsel Siap Berjaya di OSN 2020

* Laporan : Dadang Mas Bakar – Kota Makassar / Editor : Karsidi – Inspiratif.co.id

Makassar — Demi mendukung tercapainya peningkatan prestasi pelajar provinsi Sulawesi Selatan pada perhelatan tahunan Olimpiade Sains Nasional, Schomed Indonesia berkolaborasi dengan UJICOBA.ID, sebuah platform digital yang menghubungkan pembuat ujian dengan peserta, mengadakan program lomba sains pra OSN yang bertajuk “Celebes Science Olympiad 2019”.

Menurut Awal Safar M, Director Schomed Indonesia dan CEO UJICOBA.ID, selama ini prestasi pelajar Sulsel di ajang ini pada kancah Nasional dan Internasional bisa dibilang masih tertinggal, dibanding pelajar dari sekolah yang ada di Pulau Jawa.

“Tentunya hal ini dikarenakan kurang meratanya kualitas pendidikan di Sulsel sehingga keikutsertaan pelajar di ajang ini hanya didominasi sekolah – sekolah tertentu saja,” ujarnya dalam rilis yang diterima Inspiratif.co.id, beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, motivasi pelajar di Sulsel juga tentunya dipengaruhi oleh ada tidaknya role model, sosok alumni yang sudah memiliki prestasi sebelumnya di ajang OSN, yang bisa memacu semangat untuk bisa mencapai prestasi serupa.

“Hal inilah yang menjadi perhatian lembaga privat Schomed Indonesia untuk menghimpun alumni – alumni OSN se Sulsel yang bersedia untuk berbagi pengalaman dan mengemas kegiatan CSO dalam bentuk kompetisi,” kata dia.

Di tahun 2019, Schomed Indonesia berkolaborasi dengan Platform UJICOBA.ID sehingga lomba dilaksanakan secara online dengan Computer Based Test (CBT) sehingga peringkat peserta langsung tertera pada sistem dan dapat dilihat oleh peserta agar menjadi bahan evaluasi persiapan di seleksi OSN nanti.

“Selain itu, perbedaan kegiatan CSO tahun ini dibanding sebelumnya adalah adanya penambahan bidang lomba kedokteran dan kedokteran gigi. Bidang lomba yang sebelumnya telah dilaksanakan di tahun 2018 adalah bidang yang seluruhnya dilombakan di OSN seperti Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, dan Informatika. Peserta yang mengikuti CSO kali ini pun lebih beragam dari tahun sebelumnya, setidaknya ada kurang lebih 10 sekolah (250 peserta) yang mengirimkan delegasinya. Adapun sekolah yang konsisten mengirimkan delegasi seperti SMAN 5 Gowa, SMAN 17 Makassar, dan SMA Katolik Rajawali. Peserta terbanyak tahun ini berasal dari MAN Insan Cendekia Gowa dan SMA Islam Athirah Bone yang akhirnya maju sebagai Juara Umum dengan perolehan 4 Medali Emas, 2 Medali Perak, dan 4 Medali Perunggu,” jelasnya.

SMA Katolik Rajawali harus merelakan posisi sebagai Juara Umum di Tahun sebelumnya dengan selisih yang cukup tipis, yaitu 4 Medali Emas, 2 Medali Perak, dan 1 Medali Perunggu.

Pelaksanaan kegiatan CSO diselenggarakan dalam 3 sesi, yaitu di tanggal 28 November 2019, 15 Desember 2019, dan puncak kegiatannya di tanggal 22 Desember 2019. Kegiatan CSO juga dirangkaikan dengan pre Launching Platform UJICOBA.ID dan juga diadakan Talkshow Inspiratif dari para alumni OSN. Juga dalam kegiatan ini, UJICOBA.ID memperkenalkan Iin Fadhilah Utami, sosok mahasiswa berprestasi Sulsel, sebagai Brand Ambassador.

“Tentunya, Schomed Indonesia dan UJICOBA.ID tidak berjalan berdua saja, tetapi juga mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: