Persiapan HUT RI ke-75, Dispora Lampura  Terapkan Protokol Kesehatan Pada Paskibraka

Persiapan HUT RI ke-75, Dispora Lampura Terapkan Protokol Kesehatan Pada Paskibraka

*Laporan : Berkhin.S – Inspiratif.co.id

LAMPUNG UTARA, – Menjelang pelaksanaan perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke – 75 tahun 2020, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwitasa (Dispora) Lampung Utara, akan menerapkan Protokol Kesehatan pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Bahkan ditengah giat beralatih bersama anak-anak Paskibra guna persiapan penaikan bendera dalam peringatan HUT RI yang akan dilaksanakan di halaman Kantor Pemkab Lampura. Dalam berlatih itu pengibar bendera dalam perayaan HUT RI juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kita hanya menyiapkan pasukan saja, berkaitan dengan pelatihan ini Paskibra mereka diwajibkan benar-benar menjaga kesehatannya. Selama masa latihan hingga hari H.” ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwitasa (Kadispora) Ilham Akbar, saat diwawancarai awak media, Senin 10 Agustus 2020.

Masih kata Ilham, pihaknya juga sejak awal mereka terpilih telah membuat surat pernyataan dari anggota Paskibra dan diketahui orang tua diatas materai bahwa akan menjaga dan menaati protokol kesehatan, mulai berangkat dari rumah, saat latihan hingga pulang ke rumah  diminta tidak sembarangan singgah hingga hari 17 Agustus.

Pelaksanaan pelatihan hingga hari H 17 Agustus 2020 peringatan HUT RI tersebut, mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Nomor: B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang pedoman peringan HUT ke 75 Kemerdekaan RI/2020. Didalam SE tersebut berisikan, upacara HUT RI dilaksanakan secara sederhana, sangat minimalis dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVlD-19.

Komposisi petugas upacara terdiri dari, komandan Upacara sebanyak 1 orang, Pasukan Paskibra sebanyak 3 orang berasal dari cadangan Paskibraka Tahun 2019.

“Seperti halnya peringatan Hari Veteran tadi (kemarin, Red) menggunakan protokol kesehatan, begitu juga untuk peringatan HUT RI, ada jarak, pakai masker.” ucapnya.

Penerapan protokol kesehatan sendiri, sudah dilakukan sejak perekrutan peserta beberapa waktu lalu dan hingga kini terus dijalankan.

Untuk itu para peserta upacara peringatan hari besar nantinya harus menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, menjaga jarak dan mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

COVID-19 Daerah Lampung