Dengan Tim Task Force, BPS Lampura Lakukan Census Night Data Tunawisma & Gelandangan

Dengan Tim Task Force, BPS Lampura Lakukan Census Night Data Tunawisma & Gelandangan

*Laporan : Berkhin.S – Inspiratif.co.id

Lampung Utara, – Setelah rampung menyelesaikan Sensus Penduduk Wawancara dan Online, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Utara tetap mengambil langkah maksimal dalam memverifikasi data dengan melakukan Cencus Penduduk Night (malam).

Diketahui Sensus Penduduk Wawancara usai pada tanggal 15 September 2020, kemudian dari hasil Census Penduduk Night tim dari BPS melakukan penyusuran ke sejumlah titik untuk menjangkau Tunawisma.

“Alhamdulillah sensus penduduk wawancara sudah selesai. Kita lanjutkan dengan census penduduk night dan kita berhasil mendata lima orang Tunawisma,” ucap Kepala BPS Lampura Anwar, Rabu 16-September-2020.

Verifikasi di lapangan sendiri lanjut Anwar, sudah selesai semua, mulai dari RT/Dusun/Lingkungan sudah diverifikasi semua. Saat ini para Petugas Sensus sedang merapihkan dan memeriksa dokumen. Kemudian pukul 21.00 WIB Tim Task Force melakukan census night, untuk mencatat tunawisma.

Kegiatan census night ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia untuk memastikan bahwa semua penduduk telah tercatat. Pada dasarnya Dinsos secara periodik telah melakukan penanganan terhadap para gelandangan tunawisma ini dengan mengirim mereka untuk dibina/dipulihkan di Yayasan Aulia Rahman.

“Sehingga yang tercatat tadi malam mungkin ‘tunawisma baru’ yang berasal dari daerah lain. Insyaallah semua penduduk kita sudah terdaftar baik melalui sensus online maupun wawancara langsung,” ucapnya.

Masih kata Anwar, pihaknya pun berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk memperoleh informasi lokasi-lokasi tunawisma dan dengan pihak Gugus Tugas Covid-19 untuk mengetahui zona covid-19.

Kemudian sekira pukul 20.00 WIB pihaknya melakukan briefing dan membagi wilayah tugas. Tim Pertama menyisir lokasi-lokasi di sekitar Pasar Pagi, Stasiun, Terminal Kota, Taman Sahabat, Pasar Central, Terminal Induk Kotabumi, Pasar Candimas, SPBU, untuk mencatat tunawisma. Selain itu, petugas Koseka di setiap kecamatan juga akan mencatat di wilayah kerjanya masing-masing pada waktu sama jika ditemukan tunawisma.

“Dalam melaksanakan pencatatan tunawisma ini, tim Task Force tetap disiplin dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Foto : Tim dari BPS Lampung Utara saat melakukan pendataan terhadap para Tunawisma dan Gelandangan di seputaran wilayah Kotabumi

COVID-19 Daerah Lampung