Prokes Diabaikan, Warga Minta Pihak Berwenang Bertindak

Prokes Diabaikan, Warga Minta Pihak Berwenang Bertindak

* Laporan: Wardi Saputra – Inspiratif.co.id

TUBABA ,– Ditengah gencar-gencarnya Pemerintah Pusat hingga ke Pemerintah Daerah berupaya agar Masyarakat mematuhi Protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang melanda, namun nampaknya hal tersebut tidak berlaku di Tiyuh Tirta Kencana Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Khususnya di Lapangan Tiyuh setempat. Minggu, 11-Oktober-2020.

Berdasarkan informasi yang didapat, warga setiap hari Minggu berbondong-bondong menyaksikan Beberapa Warga yang menggelar ajang pamer kemampuan di bidang kendaraan bermotor layaknya di Arena balapan.

Dalam kegiatan tersebut terlihat dengan jelas, baik peserta maupun penonton yang menyaksikan mengabaikan ketentuan Pemerintah tentang Prokes yang terus disosialisasikan baik secara langsung ataupun media sosial.

Menurut Beberapa Warga yang menyaksikan hal tersebut, mereka merasa kecewa khususnya dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba dan Pihak yang berwenang lainnya, karena terkesan membiarkan hal itu terjadi.

“Seperti yang kita ketahui, saat ini Pihak berwajib tengah Gencar-gencarnya melakukan sosialisasi agar Warga mematuhi Prokes, bahkan melakukan Operasi Yustisi, tapi kenapa kegiatan seperti ini dibiarkan, miris rasanya melihatnya,”Ucap Salah Satu Warga yang mewanti-wanti agar namanya jangan disebutkan pada Minggu, 11-Oktober-2020 sore.

Oleh sebab itu, dirinya berharap agar pihak berwajib agar segera menindak kegiatan tersebut, agar penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tubaba bisa terputus.

“Warga yang kedapatan tidak memakai masker saat pihak berwenang melakukan Razia Yustisi saja dikenakan sanksi, tapi kenapa ini malah tidak ditindak, harapan kami mohon pihak yang berwajib segera melakukan tindakan, apalagi kegiatan ini pasti bukan hanya diikuti dari Tiyuh setempat saja, maka sangat dikhawatirkan kalau penyebaran Covid-19 disini sangat besar peluangnya akibat akitivitas yang terjadi ini,” Ujarnya yang diamini beberapa warga lainnya.

“Kami bukan tidak suka keramaian ataupun iri melihat aktifitas yang dilakukan ini, tapi setidaknya harus baca situasi disaat keadaan masih seperti sekarang, contoh kecil yang terjadi Baru-baru ini, termasuk tenaga Medis di Puskesmas Kelurahan Mulya Asri pun dikabarkan ada yang positif Covid-19, sementara dalam kegiatan itu sangat memprihatinkan karena Prokes diabaikan dengan bebas, jadi kami meminta pihak terkait segera mengambil tindakan, jangan hanya warga yang terjaring Razia saja yang dikenakan sanksi sementara hal seperti ini malah dibiarkan,” Imbuhnya.

Disisi lain, salah satu petugas medis di Puskes Tiyuh setempat juga sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan warga tersebut.

“Saya sangat tidak setuju kalau aktifitas ini dibiarkan, sebab ini sangat berbahaya karena bisa kita lihat sendiri hampir semua warga tidak mengenakan masker dan jaga jarak, sangat mengkhawatirkan semua yang terjadi ini,”Cetusnya.

Sayangnya, hingga berita ini diterbitkan, Pihak Aparatur Tiyuh Tirta Kencana Belum berhasil dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut. (*)

COVID-19 Daerah Lampung