Soal Kasus Yang Menimpa Eks. Kabag Adwil Tubaba Kejari Menggala Terkesan Bungkam

* Laporan: Wardi Saputra – Inspiratif.co.id

TUBABA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Menggala Tulang Bawang terkesan tertutup terkait dugaan kasus korupsi Dana Desa yang menyandung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Tiyuh (PMD) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Miral Hayadi. Kamis, 15-Oktober-2020.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Miral Hayadi sudah Beberapa kali di periksa oleh Kejaksaan Negeri Menggala terkait dugaan korupsi Dana Desa, yang mana Pada tahun 2019 lalu Dana Desa dikoordinir oleh Bagian Administrasi Wilayah (Adwil) yang saat itu juga Kabagnya adalah Miral Hayadi.

Lalu saat ini, setelah dilakukan perubahan Nomenklatur, maka Bagian Adwil dilakukan peleburan. Miral Hayadi ikut seleksi terbuka eselon II Pemerintah Kabupaten Tubaba dan dinyatakan dapat menempati jabatan Kadis PMD.

Oleh Kejaksaan Negeri Menggala, Miral Hayadi diproses secara hukum soal tindak pidana korupsi. Persoalan yang menimpanya yaitu Pelatihan Aparatur Tiyuh tahun 2019 kemarin, sebanyak 93 tiyuh se Tubaba. Pada pelatihan itu Bagian Adwil Setdakab Tubaba membentuk panitia pelaksana dan menghimpun dana sebesar Rp 10 juta per tiyuh satu kali kegiatan yaitu pelatihan terhadap aparatur tiyuh. Persoalan lain yaitu raibnya Anggaran Bagian Adwil Setdakab Tubaba tahun 2019 menjelang peleburan Bagian Adwil itu.

Namun saat Tim hendak meminta informasi terkait persoalan tersebut, Raden Akmal selaku Kasi Intel Kejaksaan Negeri Menggala saat dihubungi via ponsel enggan menjawab. Begitu pula dengan pesan singkat yang dilayangkan hingga kini tidak ada jawaban.

Sementara, Perana Putera, Inspektur Inspektorat Kabupaten Tubaba saat ditanya seputar Kasus Korupsi Dana Desa tahun 2019 yang menyeret Miral Hayadi yang saat ini menduduki posisi selaku Kadis PMD Tubaba. Dirinya membenarkan jika pihaknya telah menerima berkas dari Kejaksaan Negeri Menggala.

Ditanya soal proses pengusutan kasus terhadap Miral Hayadi, Perana Putera memastikan jika pihaknya terus menindak lanjuti persoalan tersebut sampai dengan titik terang.

“Iya, masih dalam pemeriksaan,” singkatnya. (*)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *